PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP

Authors

  • Ni Putu Ista Arisna Putri Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Pujani Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Pande Latria Devi Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19377

Keywords:

Keterampilan sosial, model pembelajaran kooperatif, prestasi belajar, think pair share.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan sosial dan prestasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Banjar pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 275 siswa. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 64 siswa sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Data keterampilan sosial dikumpulkan menggunakan angket dengan reliabilitas 0,89 dan prestasi belajar menggunakan tes prestasi belajar dengan reliabilitas 0,69. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan uji manova. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)Terdapat perbedaan keterampilan sosial dan prestasi belajar secara bersama-sama antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan model pembelajaran langsung (sig<0,05); (2)Terdapat perbedaan keterampilan sosial antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan model pembelajaran langsung (sig<0,05); dan (3)Terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan model pembelajaran langsung (sig<0,05). Hasil uji LSD menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik daripada model pembelajaran langsung dalam meningkatkan keterampilan sosial dan prestasi belajar siswa.

References

Adnyani, I.G.A.A.W., Pujani, N.M., & Juniartina, I.P.P. 2018. Pengaruh Model Learning Cycle Model 7E Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia. Volume 1 (1) hal 1-12.

Alpusari, M., & Putra, R A. 2015. The Application of Cooperatif Learning Think Pair Share (TPS) Model to Increase the Process Science Skills in Class IV Elementary School Number 81 Pekanbaru City. International Journal of Science and Research. Volume 4 (4) hal 2805-2808.

Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. 2001. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesment: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terjemahan Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arends, I Ricard. 2004. Strategi-Strategi Belajar Edisi 2. Surabaya: UNESA-University Press. Diterjemahkan oleh Prof. Dr. Mohamad Nur.

Hidayat, M.Y. 2018. Hubungan Kebutuhan Penghargaan (Esteem Needs) dan Kompetisi dalam Belajar (Learning of Competition) dengan Kreativitas Belajar Fisika Siswa MTs Madani Alauddin Pao-Pao Kabupaten Gowa. Jurnal Inspiratif Pendidikan. Volume 7 (1) hal 66-75.

Jatmiko, A & Wilujeng, I. 2017. Analisis Keterampilan Sosial Siswa Pada Metode Kooperatif Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Kependidikan. Volume 1 (2) hal 240-252.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Peta Jalan Generasi Emas Indonesia 2045.

Kholin, M., Meurs, J A., Gerhard Blickle, Wihler, A., Ewen, C., & Momm, T D. 2016. Refining The Openness-Perfomance Relationship: Construct Specificity, Contextualization, Social Skill, and the Combination of Trait Self and Other Ratings. Journal of Personality Assement, Volume 98 (3) hal 277-288.

Kumar, R & Upadhyay, K A. 2016. Effectiveness Of Think ‒Pair-Share Technique Over Conventional Technique In Promoting Science Education At Upper Primary Standard. Jurnal International Education and Research Journal. Volume 2 (11) hal 89-90.

Martin, M.O., Mulis, I.V.S., Foy, P., & Hooper, M. 2015. TIMSS 2015 International Research in Science. IEA: TIMSSdanPIRLS. Lynch School of Education, Boston College.

Maryani, E. 2011. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Alfabeta: Bandung.

Nurjannah, P F. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Indonesian Journal of Educational Research and Review, Volume 2 (1) hal 76-81.

Pemerintah Provinsi Bali Dinas Pendidikan. 2018. Hasil Ujian Nasional Utama dan Susulan SMP/MTs Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2017/2018. Denpasar: Dinas Pendidikan.

Pratiningsih, J A., Sahidu, H., & Kosim. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN Lombok Barat. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Volume 4 (1) hal 90-97.

Putnam, J Wachholz. 2008. Cooperative Learning and Strategies for Inclusion: Celebrating Diversity in The Classroom (Second Edition). Baltimore, Maryland: Paul H Brookes Publishing Co.

Putra, I.B.P.A., Pujani, N.M., & Juniartina, P.P. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia. Volume 1 (1) hal 25-35.

Qurtubhi, W M., Abdulkarim, A., & Iqbal, M. Effect of Cooperative Learning Model Type Think Pair and Share (TPS) on Student Cooperation. International Journal of Pedagogy and Social Studies, Volume 2 (2) hal 35-58.

Rosdiana, D. 2012. Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Scott, C L. 2015. The Future of Learning 2: What Kind Of Learning For The 21st Century?. Education Research and Foresight Working Papers, UNESCO.

Sharma, H L & Priyamvada. 2018. TPS (Think Pair Share): An Effective Cooperative Learning Strategy for Unleashing Discussion in Classroom Interaction. International Journal of Research in Social Sciences. Volume 8 (5) hal 91-100.

Shofatun, A., Ibrahim, M., & Wasis. 2016. Pembelajaran IPA Terpadu Melalui Project Based Learning Dalam Melatihkan Academic dan Social Skill Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Volume 6 (1) hal 1150-1158.

Surayya, L., Subagia, I.W., & Tika I.N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think pair share Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4 (1) hal 1-11.

Susanti, A & Astuti, W. 2017. Think Pair Share: Hasil Belajar IPA dan Kerjasama Siswa. Jurnal Pijar MIPA. Volume 7 (2) hal 51-59.

Wibawa, I M C., Rati, N W., & Santra, P. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 2 (1) hal 38-46.

Widoretno, S., Susilo, H., Abdurrajak, Y., & Amin, M. 2015. Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran Inkuiri Pada IPA di SMP. Seminar Nasional Pendidikan Sains. Hal 319-329. Surakarta: Magister Pendidikan Sains dan Doktor IPA FKIP UNS.

Zubaidah, S. 2016. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran, (10 Desember 2016). Confrence Paper. Hal 1-17. Kalimantan Barat: Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.

Downloads

Published

2019-10-20