PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Authors

  • Yunda Auliana Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Pujani Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Prima Juniartina Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19380

Keywords:

problem based learning, student team achievement division, keterampilan berpikir kritis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning (PBL) dan siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe student team achievement division (STAD). Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Singaraja semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 367 siswa. Sampel penelitian dipilih dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini tersebar dalam 2 kelas dengan berjumlah 64 siswa, yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model PBL dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe STAD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian keterampilan berpikir kritis. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan anakova satu jalur dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan dengan model PBL dan siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe STAD dengan angka taraf signifikan diperoleh lebih kecil dari 0,05 (sig.<0,05). Siswa yang belajar dengan model PBL secara signifikan memiliki keterampilan berpiki kritis yang lebih tinggi dibandingkan dengan model kooperatif tipe STAD (│μ1-μ2│= 16,000> LSD= 1,9994), 2) gain score ternormalisasi keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model PBL berkualifikasi sedang (<g>= 0,41), sedangkan gain score ternormalisasi keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe STAD berkualifikasi rendah (<g>= 0,08).

References

Abdullah, S. R. 2013. Inovasi Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ahamad, H., et.al. 2017. Implementation of problem-based learning in geometry lessons. Journal of Physics: Conference Series. Volume 1(10). Hal 1-14.

Amanda, S., Muharrami, L, K & Rosidi, I. 2018. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah yang Berbasis SETS. Journal of Natural Science Education Reseach. Volume 1(1). Hal 57-64.

Arends, R. I. 2007. Learning to teach (seventh edition). New York: McGrawhill Company.

Argaw, A.S et.al. 2017. “The Effect of Problem Based Learning (PBL) Instruction on Students’ Motivation and Problem Solving Skills of Physics”. Journal of Mathematics Science and Technology Education. Volume 13(3). Hal 857-871.

Aryasta, I. N., Subratha, I, N., & Pujani, N, M. 2014. Pengaruh Model Problem Bsed Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014. E-journal Undiksha. Volume 1(1). Hal 56-64.

Balitbang. 2015. Laporan Hasil TIMSS 2015. Jakarta: Kemendikbud.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:

Bungel, M. F. 2014. Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Palu pada materi prisma. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. Volume 2(1). Hal 46-54.

Ejin, S. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Jambu Hilir Baluti 2 pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan. Volume1(1). Hal 65-71.

Fathurrohman, M. 2015. Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: KALIMEDIA.

Handayani, D, E., Kurniati, T & Agustina, T, W. 2015, Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pokok Alat Indra. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi. Volume 5(1). Hal 59-66.

Irwandi., W. N & Topano, A. 2018. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kognitif Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi Volume 1(1). Hal 191-196.

Nugraha, A.J., Suyitno, H & Susilaningsih, E. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal Primary of Education. Volume 6(1). Hal 35-43.

Oktavia, R.A., Usmeldi & Yohandri. 2018. Development of Physics Learning Material Based on Problem Based Learning by Integrating Local Wisdom West Sumatra to Improve Critical Thinking Ability of Students. International Journals of Sciences and High Technologies. Volume 6(2). Hal 544-553.

Redhana, I. W. 2012. Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. FMIPA.Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Volume 1(3). Hal 351-365.

Redhana, I. W. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Peta Argumen terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Topik laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Volume 43(2). Hal 141-148.

Rusman, 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. 2006. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Santyasa, I W. 2011. Pembelajaran Inovatif. Universitas Pendidikan Ganesha. Diktat Perkuliahan (tidak diterbitkan).

Suardana, I. N & Selamet, I. N. K. 2012. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA di Kabupaten Buleleng. Prosiding Seminar Nasional MIPA.

Saroni, S., Hasan., Nasran & Simbuldin. 2018. Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan Melalui Model Pembelajaran PBL dan Inkuiri dengan Menggunakan Media Mind Mapping d Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. Volume 1(12). Hal 474-481.

Savery, J. R. 2006. Overview of problem-based learning: Definitions and distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning Volume1(1). Hal 9-20.

Sujamen, R., Poedjiastuti, S & Poedjiastuti, B. 2018. The Effectiveness of problem-based hybrid learning model in physics teaching to enhance critical thinking of the students of SMAN. Journal of Physics: Conference Series. Volume 1(11). Hal 1-7.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana.

Ulfah, R, A., Prasetyo, D & Marzuki. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran PPKn Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sika Demokratis. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Volume 6(2). Hal 126-139.

Downloads

Published

2019-10-20