PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Ida Ayu Putu Febby Wulandari Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Pujani Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Prima Juniartina Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19383

Keywords:

Model pembelajaran problem based learning, model pembelajaran direct instruction, keterampilan berpikir kritis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Information and Communication Technologies (ICT) dan siswa yang dibelajarkan dengan model Direct Instruction (DI). Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalen Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Sukasada pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 234 siswa. Sampel penelitian dipilih dengan teknik cluster random sampling. Didapatkan sebanyak dua kelas yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen diterapkan model PBL berbantuan ICT dan kelas VII G sebagai kelas kontrol diterapkan model DI dengan jumlah 75 siswa. Data keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh dengan metode tes bentuk uraian dengan jumlah 15 butir soal. Data keterampilan berpikir kritis dianalisis secara deskriptif dan menggunakan uji Anakova dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model PBL berbantuan ICT peningkatannya berkualifikasi sedang (N gain = 0,69). Peningkatan Ketercapaian dimensi merumuskan masalah, memberikan argument,
melakukan induksi, melakukan deduksi, melakukan evaluasi dan dimensi memutuskan dan melaksanakannya semuanya berkualifikasi sedang. (2) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara siswa yang belajar dengan model PBL bebantuan ICT dan model pembelajaran DI. Hal tersebut ditunjukkan oleh skor rata-rata posttest kelompok yang dibelajarkan dengan model PBL berbantuan ICT yaitu sebesar 77,33 sedangkan kelompok yang dibelajarkan dengan model DI yaitu sebesar 71,60.

References

Arini, S.A.K.D., Putra Semara, D.B.K.N., Suniasih, N.W. 2016. PENERAPAN MODEL Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kompetensi Pengetahuan Ipa. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.4. No.1 (hlm.2). Tersedia Pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7080(diakses pada 09 mei 2019)

Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGralindo Persada. Barrows. U.S. & Myers.A.C. 1993. Problem Based Learning in Seconda Schoosl. Unpublished Monograph. Springtield. II: Problem Based Learning Institute. Lanphier High School and Southern Illionis University Medical School.

Fuad, N. M., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving junior high school critical thinking skills based on test three different models of learning. International Journal of Instruction. Vol.10, No.1. (hlm.102). Tersedia pada: https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1125163.pdf (diakses pada 09 November 2018

Iswandi Hazrul. 2016. Sekelumit Dari Hasil PISA 2015 Yang Baru Dirilis. Article online. Tersedia pada http:// www. ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230/Overview-of-the-PISA-2015-results-that-have-just-been-Released.html (diakses pada 10 mei 2019)

Kardi, S. & Nur, M. 2000. Pengajaran Langsung. Surabaya: UNESA-University Press.

Mahrani, E., Bukit, N., Sinulingga, K. 2017. Efek Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Fisika. 6(2) (hlm.81-86). Tersedia pada jurnal.unimed.ac.id /2012/index.php/ jpf/article/ download/8127/pdf (diakses pada 10 Mei 2019).

Nuryanti, L., Zubaidah, S., Diantoro, M. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 2(3) (hlm.155-158). Tersedia pada: https: //www .resea rchgate.net/publication/ 325246731 (diakses pada tanggal 10 Januari 2019)

Nirbita, N.B., Joyoatmojo, S., Sudiyanto, S. 2018. ICT Media Assisted Problem Based Learning for Critical Thinking

Ability. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. Vol.5, No.2 (hlm.343). Tersedia pada : https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/295/194 (diakses pada tanggal 10 Mei 2019).

Niron, S.K. 2016. Pelaksanaan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di Kelas Iv Sd Negeri Nirmala Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 7 Tahun ke-5. (hlm.667) Tersedia pada :http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/1245/1122 diakses pada tanggal 10 Mei 2019).

Pamungkas, A.S., & Setiani.Y.2017. Peranan Pengetahuan Awal dan Self Esteem MatematisTerhadap Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 8(1), (hlm.61-68). Tersediapada:https://journal.Unnes .ac.id/nju/index. php/kreano/article/view/7866.(diakses pada tanggal 10 Mei 2019).

Patonah, S. (2014). Elemen Bernalar Tujuan pada Pembelajaran IPA Melalui pendekatan Metakognitif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3(2) (hlm.128-133). Tersedia pada: http:// dx.doi. org/ 10.15294/ jpii.v3i2. 3111.(diakses pada tanggal 24 November 2018)

Prihartiningsih., Zubaidah, S., & Kusairi. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, (1)1053—1062.

Redhana, I. W. 2012. Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha. Cakrawala Pendidikan, November 2012, th. XXXI, no. 3. (hlm. 352-354) Tersedia pada http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1136 (diakses pada tanggal 17 Desember 2017).

Retnosari, R., Susilo, H., Suwono, H. 2016. Studi Pendahuluan serta Kemampuan Awal Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri Di Bojonegoro. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek 2016. Tersedia pada: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/7984/95.pdf?sequence=1. (diakses pada 27 November 2018).

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sadia, I W. 2014. Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivisik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Sarnapi. Peringkat Pendidikan Indonesia Masih Rendah. Artikel. 18 Juni 2016. Diakses pada tanggal 12 Juli 2019. Tersedia pada: http: //www. pikiranrakyat.com/pendidikan/2016/06/18/peringkat-pendidikan-indonesia-masih -rendah-372187.

Setiawan, D. 2017. Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Autentik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Basic Education. Vol.01, No.02 (hlm.38). Tersedia pada: http://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/article/view/683 (diakses pada tanggal 24 November 2018

Suastra, I.W.2009. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja. Undiksha

Sudrajat, A. (2011). Model Pembelajaran Langsung. Tersedia pada: https:// akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/01/27/model-pembelajaran-la ngsung/ (diakses pada tanggal 08 Januari 2019)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional : Tersedia pada :https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf

Downloads

Published

2019-10-20