PROFIL LITERASI SAINS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEVELS OF INQUIRY

Authors

  • Ni Putu Anggi Putri Mijaya Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Istri Agung Rai Sudiatmika Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kompyang Selamet Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19385

Keywords:

literasi sains, aspek kompetensi, levels of inquiry.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan literasi sains siswa SMP setelah diterapkan model pembelajaran Levels of Inquiry. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif-deskriptif dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja. Sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sejumlah 31 siswa kelas VIII B3. Data penelitian adalah data peningkatan literasi sains siswa yang dikumpulkan dengan pemberian instrumen tes literasi sains sejumlah 20 butir soal tes pilihan ganda diperluas. Data peningkatan literasi sains dan peningkatan setiap aspek kompetensi literasi sains dianalisis secara kuantitatif dan dideskripsikan berdasarkan kualifikasi N-gain score ternormalisasi. Adapun data pengetahuan awal (pretest) dan literasi sains (posttest) dianalisis secara kuantitatif dan dideskripsikan berdasarkan kualifikasi penilaian acuan patokan (PAP). Kesimpulan hasil penelitian yaitu (1) peningkatan literasi sains memperoleh kualifikasi sedang (<g>=0,33), (2) ditinjau dari peningkatan setiap aspek kompetensi literasi sains yaitu aspek menjelaskan fenomena ilmiah memperoleh kualifikasi rendah (<g>=0,23), aspek mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah memperoleh kualifikasi rendah (<g>=0,17) dan aspek menginterpretasikan data dan bukti secara ilmiah memperoleh kualifikasi sedang (<g>= 0,39).

References

Andriani, N., Saparini, & H. Akhsan. 2018. Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa SMP Kelas VII di Sumetera Selatan Menggunakan Kerangka PISA. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 6(3): 278-291.

Astuti, Y. K. 2016. Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan. 7 (3b).

Asyhari, A & G. P. Clara. 2017. Pengaruh Pembelajaran Levels of Inquiry terha-dap Kemampuan Literasi Sains Sis-wa. Jurnal Pendidikan Sains. 6(2): 87-101.

Basam, F., A. Rusilowati dan S. Ridho. 2018. Profil Kompetensi Sains Siswa dalam Pembelajaran Literasi Sains Berpen-dekatan Inkuiri Saintifik. Jurnal Pancasakti Science Education Journal. 3(1):1-8.

Candiasa, I. M. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Fatmawati, I. N & S. Utari. 2015. Penerapan Levels of Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP Tema Limbah dan Upaya Penanggulangan-nya. EDUSAINS. 7(2):151-159.

Fransiska, L., I. W. Subagia & P. Sarini. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 3 Sukasada. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia. 1(1): 13-24.

Kemendikbud, 2016. Panduan Pembelaja-ran untuk Sekolah Menengah Perta-ma. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nofiana, M., & T. Julianto. 2017. Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kota Purwokerto ditinjau dari Aspek Konten, Aspek Proses dan Konteks Sains. Jurnal Sains Sosial dan Humaniora. 1(2): 77-84.

Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). 2016. PISA 2015 Results In Focus. OECD Publishing.

Pertiwi, U. D, R., D. Atanti & R. Ismawati. 2018. Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE). 1(1): 24-29.

Putra, I. B. P. A., N. M. Pujani & P. P. Juniartina. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI). 1(1): 25-35.

Rohmi, P. 2017. Peningkatan Domain Kompetensi dan Pengetahuan Siswa Melalui Penerapan Levels of Inquiry dalam Pembelajaran IPA Terpadu. JURNAL EDUSAINS. 9(1):14-23.

SISDIKNAS. 2003. UU RI Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika.

Sudiatmika, A.A.I.A.R. 1997. Tesis Penguasaan Konsep Zat dan Wujud-nya melalui Siklus Belajar Empiris-Deduktif. Bandung: Program Pasca Sarjana Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Toharudin, U., S. Hendrawati & A. Rustaman. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Wenning, C. J. 2011. The Levels of Inquiry Model of Science Teaching. Journal of Physics Teacher Education Online. 6(2): 9-16.

Widiasworo, E. 2017. Masalah-Masalah Peserta Didik dalam Kelas dan Solusinya. Yogyakarta: Araska.

Downloads

Published

2019-10-20