Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas SMP Negeri 24 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsi.v7i2.84920Keywords:
Model pembelajaran problem based learning, keterampilan bepikir kritisAbstract
Penelitian”ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model PBL dan model Pembelajaran Langsung (2) peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model PBL dan model Pembelajaran Langsung (3) pengaruh penggunaan model PBL terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-experimental menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar. Sampel dipilih dengan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen dengan jumlah 25 peserta didik dan kelas kontrol sebanyak 25 peserta didik. Instrumen tes yang digunakan berupa soal Essay. Data Dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajarkan menggunakan model PBL berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 25,92 dan model Pembelajaran Langsung berada pada kategori rendah dengan skor rata-rata 22,24 (2) peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model PBL berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata N-Gain 0,43 dan model Pembelajaran Langsung berada pada kategori rendah dengan skor rata-rata N-Gain 0,28 (3) terdapat pengaruh penggunaan model PBL terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMPN 24 Makassar dibuktikan dengan hasil uji hipotesis, dimana diperoleh thitung > ttabel = 5,59 > 1,67.
References
Afdal, R. A., Hasanuddin, H., Saenab, S. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Reading, Connective, Observing, Discussing, Evaluating (ReCODE) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP IT Nurul Fikri. Celebes Science Education. 3(1): 1-10
Anwar, I., Rohmani, L. A. dan Putra, A. A. I. 2023. Peningkatan Berpikir Kritis Peserta didik SMPS dalam Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(1). 145-151
Arif, R. N. H., Arif, R. M., Saenab, S., Samputri, S. 2023. Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis pada Indikator Memberikan Penjelasan Sederhana & Membangun Keterampilan Dasar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 17 Makassar. Celebes Science Education.2(2): 150-155.
Athiyya, U. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 24 Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Tohani, E. dan Aulia, I. 2021. Effect of 21st Century Learning on the Development of Critical Thinking, Creativity. Communitcation, and Collaboration Skills. Journal of Nonformal Education. 8(1): 46-53.
Darwati, I. M., Purana, I., M. 2021. Problem Based Learning (PBL): Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta didik. WIDYA ACCARYA: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra. 12(1): 61-70.
Devi, P. S. dan Bayu, G. W. 2020. Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha.8(2). (238-252)
Ennis, R. 1996. Critical thinking. Ipper Saddle River, NJ: Prentice Hall
Fisher, A. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar.Jakarta:Erlangga
Fitriyani,Y., Supriatna, N., dan Sari, M., Z. 2020. Critical Thinking Skills through Problem based Learning Model. International Conference on Elementary Education.3(3), 268-278
Hake, R. R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills: Dept. of Physics, Indiana University.
Heard, J., Scoular, C., Duckworth, D., Ramalingam, D., Teo, I. 2020 Critical Thinking: Skill Development Framework. Australian Council for Educational Research.
Hidayati, A. R., Fadly, W., dan Ekapti, R.F. 2021 Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi. Jurnal Tadris IPA Indonesia. 1(1). 34-48.
Jamaluddin, Jufri, A.W., dan Bahtiar,I.2020.Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA.Jurnal Pijar MIPA.15(1)
Janah, M. dan Dimas, A., 2021. Kesulitan Guru SMP dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning. Jurnal Tadris IPA Indonesia. 3(1), 420-426.
Kartika, A. T. 2020. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Riset dan Teknologi Pendidikan. 3(1). 1-10.
Khoiri, A., Evalina, Komariah, N., Utami, R. T., Paramarta, V., Siswandi, Janudin, and Sunarsi, D. 2020. 4Cs Analysis of 21st Century Skills-Based School Areas. Journal of Physics Conference Series.1(1): 1-10.
Kusumanimbrum, A. S., Supeni, Sukaesih, S., 2024. Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa IPA SMP Kelas 7:Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas UNNES. 1(1).
Loyens, S., Kirschner, P. A., & Paas, F. 2012. Problem-based learning. In K. R. Harris, S. Graham, T. Urdan, A. Bus, S. Major, & H. L. Swanson (Eds.), APA Educational Psychology Handbook (Vol. 3). American Psychological Association. APA Handbooks in Psychology Series
Maris, Y. N., Setiawan, A. M. 2023. Analisis Kebutuhan E-Modul PBL Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Materi Zat Dan Perubahannya: Seminar Nasional Pendidikan Ipa dan Matematika. Universitas Negeri Malang.1(1), 223-32
Nasititi, L. R., Yokhebed, Ramli, M., Yuliana, H. 2021 Meta-Analysis of the Effectiveness of Problem Based Learing Toward Critical Thinking Skills in Science Learning. Journal of Physics: Conference Series. 1(1): 1-9.
Nia, Leksono, S. M., dan Nestiadi, A. 2022. Pengembangan E-Modul Pelestarian Lingkungan Berbasis Problem based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik SMP. PENDIPA Journal of Science Educationn.6(2), 415-421.
Ningsih, H. A., Yunus, S. R., Saenab, S., Mamin, R. 2022 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Pallangga Kab. Gowa. Celebes Science Education. 1(1): 1-9.
Nurhayati, N., Hermanto, I. M., Smatowa, L., Gimnastiar, A. N., 2023. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta IPA Pada Pembelajaran IPA. Universitas Gorontalo. 11(3). 493-502.
Qatrunada, N., Muhiddin, N. H., Ramlawati, R. 2024 Pengaruh E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene. Celebes Science Education. 3(2): 162-174.
Ridho, S. Ruwiyatun, Subali, B., dan Marwoto, P. 2020. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 6(1), 10-15
Saparuddin, Patongai, D. D. P. S., Sahribulan. 2021 Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal IPA Terpadu. 5(1), 12-19
Selviana. 2016. Pengantar Pendidikan: Manusia, Pendidikan, dan Perkembangan Zaman. Banjarmasin: Program Studi Magister Keguruan IPA PPs ULM.
Suwarno, Auliah, A., Babay, A., Yunus, S. R. 2022 Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik dengan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Materi Perkembangbiakan Tumbuhan. Jurnal IPA Terpadu. 6(1): 93-101.
Syafitri, E., Armanto, D. dan Rahmadani, E. 2021. Aksiologi Keterampilan Berpikir Kritis. Journal of Science and Social Research.4(3), 320-325
Ufairiah, Q. R., Laksanawati, W. D. 2020 Identifikasi Masalah Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Guna Mengetahui Pengaruh Model dan Pendekatan Pembelajaran. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ. 21): 75-82.
Yulisriyanti. 2020. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah. 3(2): 942-953
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Kamil Azis, Sitti Rahma Yunus, Sitti Saenab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.