Evaluasi Kemampuan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran IPA Berbantuan Canva
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsi.v7i2.85565Keywords:
Penggunaan Canva, Ilmu Pengetahuan Alam, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan guru di SD Negeri Manduang dalam menggunakan aplikasi Canva sebagai media pengajaran mata pelajaran IPA. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, subjek penelitian terdiri dari enam guru di sekolah. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mencakup lima aspek kemampuan dalam menggunakan Canva, seperti pemahaman konsep sains, pengoperasian fitur, kreativitas, evaluasi media, dan implementasi dalam pengajaran. Hasil penelitian yang dihitung melalui persentase, rata-rata, atau distribusi frekuensi penilaian kinerja guru, mengungkapkan bahwa sebelum pendampingan, hanya satu guru yang dikategorikan baik, sedangkan tiga guru dikategorikan sebagai di bawah rata-rata. Setelah pendampingan, jumlah guru dalam kategori baik meningkat menjadi empat, dan tidak ada guru dalam kategori di bawah rata-rata. Temuan ini menunjukkan bahwa pendampingan tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Canva. Dianjurkan agar pelatihan berkelanjutan dilakukan untuk membantu guru mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Studi ini menyoroti pentingnya media pengajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya pada mata pelajaran IPA, yang membutuhkan pendekatan yang lebih interaktif dan menarik.
References
Agustini, Dian, Novita Wijayanti, Putri Rahmawati, Erwin Yudi Praharani, dan Vika Puji Cahyani. 2021. Pemanfaatan Canva sebagai Media Pembelajaran IPA pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. Proceeding of Integrative Science Education Seminar (PISCES), 1(65):441–48.
Balya, David. 2023. Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Dan Budaya. Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(3):274–301.
Bandura, Albert. 1978. Self-Efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Advances in Behaviour Research and Therapy, 1(4):139–61. doi: 10.1016/0146-6402(78)90002-4.
Cherly Ana Safira, Agung Setyawan, dan Tyasmiarni Citrawati. 2020. Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1):23–29. doi: 10.37630/jpm.v10i1.277.
Citradevi, Cindy Paramita. 2023. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. Ide Guru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2):270–75. doi: 10.51169/ideguru.v8i2.525.
Claessens, Brigitte J. C., Wendelien Van Eerde, Christel G. Rutte, dan Robert A. Roe. 2007. A Review of the Time Management Literature. Personnel Review, 36(2):255–76. doi: 10.1108/00483480710726136.
Faisal, Muh., Hotimah Hotimah, Nurhaedah Nurhaedah, Nurfaizah AP, dan Khaerunnisa Khaerunnisa. 2020. Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital Di Kabupaten Gowa. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Pendidikan, 10(3):266–70.
Fatimah, Hikmah, dan Bramastia Bramastia. 2021. Literatur Review Pengembangan Media Pembelajaran Sains. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2):125. doi: 10.20961/inkuiri.v10i2.57255.
Fauziah, Agni, Tasya Fitriani, dan Ichsan Fauzi Rachman. 2024. Pemanfaatan Teknologi Dalam Meningkatkan Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar Untuk Membangun Kualitas Pendidikan Di Bawah Kurikulum Merdeka. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 8(1):1–14.
Harahap, Amin, Teguh Setiawan Wibowo, Joni Wilson Sitopu, Moh. Solehuddin, dan Napsin Napsin. 2022. Penggunaan Dan Manfaat Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Ditingkat Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 8(2):539–44. doi: 10.36987/jpms.v8i2.3782.
Jayusman, Iyus, dan Oka Agus Kurniawan Shavab. 2020. Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1):13. doi: 10.25157/ja.v7i1.3180.
Julita, dan Pebria Dheni Purnasari. 2022. Pemanfataan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Era Digital. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2):227–39. doi: 10.46229/elia.v2i2.460.
Mahardika, Andi Ichsan, Nuruddin Wiranda, dan Mitra Pramita. 2021. Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3):275–81. doi: 10.29303/jppm.v4i3.2817.
Miftahul Jannah, Feryana N., H. Nuroso, Mudzanatun Mudzanatun, dan E. Isnuryantono. 2023. Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Media Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). doi: 10.20961/jpd.v11i1.72716.
Mulyosari, Endah Trie, dan Banun Hafivah Cahyo Khosiyono. 2023. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6):2395–2405. doi: 10.31004/edukatif.v5i6.5037.
Nillofa Ende, Athika Maisyarah, Ilmiyati Rahmy Jasril, dan Putra Jaya. 2022. Perancangan Dan Pembuatan E-Modul Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 8(2):193. doi:10.24036/jtev.v8i2.117118.
Ni Made Puspitawati, Prof. Dr. I. Wayan Santyasa, M. Si., dan Dr. Ketut Agustini, S. Si. M. Si. 2018. Pengaruh Media Geogebra Terhadap Motivasi Dan Kreativitas Belajar Matematika Siswa Smk Negeri 1 Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran IndonesiA, 8(3). doi: 10.23887/jtpi.v8i3.2286.
Nurkancana, W. 2006. Psikologi belajar. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Rusydi, Ibnu. 2019. Peranan Perkembangan Teknologi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9):1689– 99.
Suryadi, Sudi. 2019. Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Informatika, 3(3):9–19. doi: 10.36987/informatika.v3i3.219.
Suteja, Laila Febriyani, Sa’odah, dan Septy Nurfadillah. 2022. Analisis Pemahaman Konsep IPA SD Kelas 4 Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di SDN Buaran Jati 2. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2):34–41.
Sweller, John. 1988. Cognitive Load during Problem Solving: Effects on Learning. Cognitive Science, 12(2):257–85. doi: 10.1016/0364-0213(88)90023-7.
Wulandari, Kadek Yuni, Ni Ketut, Sri Partini, Ni Komang, Ayu Ulan, Kadek Jayanti, Riva Prathiwi, Fakultas Ilmu, Pendidikan Prodi Pendidikan, dan Markandeya Bali. 2023. Jurnal Scratch Efektivitas Guru, 6:162–69.
Yuliana, Dyan, Achmad Baijuri, Arico Ayani Suparto, Siti Seituni, dan Sheilla Syukria. 2023. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Video Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Dan Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(2):247–57. doi: 10.37792/jukanti.v6i2.102.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Wayan Sri Darmayanti, Angga Krisna Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.