PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • N L. Eka Sumiantari Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Suardana Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kompyang Selamet Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17219

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah, model problem based learning (PBL), model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model problem based learning (PBL) dengan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Singaraja tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 126 siswa. Sampel penelitian berjumlah 50 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen diterapkan model PBL dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol diterapkan model kooperatif tipe STAD. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah IPA siswa. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode tes uraian dan dianalisis menggunakan uji ANCOVA satu jalur dengan taraf signifikansi 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang dibelajarkan dengan model PBL memiliki kemampuan pemecahan masalah lebih baik dari model kooperatif tipe STAD. Hal tersebut ditunjukkan oleh skor rata-rata posttest kelompok yang dibelajarkan dengan model PBL yaitu sebesar 74,50 yang tergolong pada kategori cukup sedangkan kelompok yang dibelajarkan dengan model STAD yaitu sebesar 45,94 yang tergolong pada kategori sangat rendah.

References

Amalia, R, H., Mahardika, I K., & Gani, A, A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dengan Pendekatan SETSTerhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2): 7. Tersedia pada https : // media . neliti . com / media / publications / 138412 –ID – pengaruh – model –pembelajaran – kooperatif – t . pdf (diakses pada tanggal 8 Juli 2018)

Astika, K U., Suma, K., & Suastra, W. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pascasarjana

Undiksha., 3 (1), 1-10. Tersedia pada: http:// pasca. undiksha. ac. id/e-journal/index. php/jurnal_ipa/article/view/851 (diakses pada tanggal 10 Desember 2017).

Chrisna & Surya. 2017. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran ROPES dan STAD SMP Negeri 35 Medan. Jurnal Pendidikan Matematika. Tersedia dalam: https://www.researchgate.net/publication/321795492_PERBEDAAN_KEMAMPUAN_PEMECAHAN_MASALAH_DENGAN_MODEL_ROPES_DAN_STAD (diunduh pada tanggal 7 Januari 2018)

Darwanti, A. 2013. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Creative Approach pada Siswa Kelas V SDN 03 Karangsari Jatiyoso Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Tidak dterbitkan. Surakarta: UMS. Tersedia pada http://e prints.um.s.ac.id/23060/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf (diakses tanggal 13 Mei 2018)

Destianingsih, E., Pasaribu, A., & Ismet. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaaran Fisika Kelas XI Di SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika., 3(1), 1-6. Tersedia dalam: http: //ejournal. unsri. ac. id/index. php/jipf/article/view/3423/1810 (diunduh 7 Mei 2017).

Duch, B, J., Groh, S, E., & Allen, D, E. 2001. The power of problem based learning: A pratical “how to” for teaching undergraduate courses in any discipline. sterling: styles publishing I.C.

Gafur, A. 2003. Penerapan Konsep dan Prinsip Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Disain Pesan dalam Pengembangan Pembelajaran dan Bahan Ajar. Cakrawala Pendidikan, (3). UNY.

Gok, T & Silay. I. 2010. The Effect of Problem Solving Strategies on Students’ Achievement, Attitude and Motivation. Journal Phys. Eduction, 4(1) : 7 . Tersedia pada https : // pdfs . semantic scholar . Org . 46cb / 360952331af7fcc093ea609175c270cbdef0 . pdf (diakses pada tanggal 21 Juni 2018).

Gunawan, Harjono, A, & Sutrisno. 2015. Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1). Tersedia pada http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/230/22 (diakses pada tanggal 21 Juni 2018)

Hariawan. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palu. Jurnal Pendidikan FisikaTadulako, 1(2): 48. Tersedia pada http : // jurnal. Unt ad. Ac. Id / jurnal / index. Php / EPFT / article / viewFile / 23 / 95 / 1690 (diakses pada tanggal 25 Juni 2018).

Lubis, W.A. 2017. Peningkatan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Metode Kerja Kelompok Untuk Kelas III SDN Sepatan Kabupaten Tulungagung. Universitas Muhamadiyah Malang. Tersedia padahttp://eprints.umm.ac.id/35648/ (diakses tanggal 25 Mei 2018).

Martin, M, O., Ina V.S Mullis., Pierre, F., & Martin, H. 2015. TIMSS 2015 International Results in Science. Tersedia pada http : //timssandpirls . bc . edu / timss2015 / international –results / wp –content / uploads / filebase / full%20pdfs / T15 –International – Results – in –Science – Grade – 8 . pdf (diakses pada tanggal 1 Juli 2018).

Mariawan, I M. 2013. Karakteristik Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Do Talk Record Dalam Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 3: 8. Tersedia pada http : // download . portalgaruda . org / article . php ? article = 145990&val = 1365 (diakses pada tanggal 1 Juli 2018)

Permatasari, N Y. 201. Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Treffinger. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1): 31. Tersedia pada https: // media. neliti. Com / media // publications / 225888 – meningkatkan - kemampuan –siswa – dalam – memec - 3a5bf829. pdf (diakses tanggal 25 Juni 2018).

Suardani, N N., Jelantik, I B., & Widiyanti, M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Keterampilan Proses Sains Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA., 4(1), 1-9. Tersedia dalam: pasca. undiksha. ac. id/ e-journal/ index.php/ jurnal_ipa/ article/ viewFile/ 1295/997 (diunduh pada tanggal 7 Mei 2017). Suparno, P. 1997. Filsafat konstruktivisme dalam pendidikan. Yogyakarta: KANISIUS Soliha, A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP. 1(1), 10. Tersedia pada http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1010 (diakses pada tanggal 10 Juli 2018).

TIMSS and Pirls. 2011. TIMSS and PIRLS. Tersedia pada https: //timssandpirls. bc. Edu / data – release – 2011 / pdf / Overview – TIMSS – and - PIRLS- 2011 -Achievement . pdf diakses pada tanggal 20 Mei 2017.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Trochim, W. M. 2007. The Research Method Knowledge Base. Tersedia pada http://tro chim.hum an.cor nell. Edu /kb/ index.htm (diakses tanggal 20 Mei 2018).

Upayoga, N. T. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mengwi Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi (Tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika, Undiksha Singaraja.

Yohanes, R, S. 2010. Teori Vygotsy dan Implementasinya dalam Pembelaaran Matematika. Widya Warta. 2, 9. Tersedia pada http : // download . portalgaruda . org / article . php ? article = 116773&val = 5324 (diakses pada tanggal 5 Juli 2018).

Downloads

Published

2019-03-31