PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA TERPADU SMP BERBANTUAN KOMIK DENGAN TEMA ”AKU BERNAPAS”

Authors

  • Putu Anandia Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Suardana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Prima Juniartina Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.30418

Keywords:

Buku ajar, IPA terpadu, komik

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan serta mendeskripsikan karakteristik, tingkat kevalidan, dan tingkat keterbacaan buku ajar IPA terpadu SMP berbantuan komik dengan tema “Aku Bernapas”. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develompent, Implementation, and Evaluation) namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap development saja. Data hasil penelitian ini meliputi karakeristik, tingkat kevalidan, dan tingkat keterbacaan buku ajar IPA terpadu berbantuan komik yang diperoleh dengan menggunakan teknik penyebaran angket kepada subjek penelitian. Hasil data kualitatif yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Karakteristik buku ajar IPA terpadu berbantuan komik yang dikembangkan sebagai berikut. (1) Buku ajar IPA terpadu berbantuan komik diawali dengan matriks pembelajaran, (2) berisikan pengenalan karakter komik, (3) penyajian materi diawali dengan apresepsi berupa cerita yang dibantu oleh komik atau uraian, (4) setiap sub-topik berisikan uraian materi yang dibantu dengan cerita komik mengenai penerapan materi di dalam kehidupan sehari-hari. Tingkat kevalidan buku ajar IPA terpadu berbantuan komik termasuk dalam katagori sangat valid, dilihat dari skor rata-rata angket penilaian oleh dosen ahli dan praktisi secara berturut-turut sebesar 4,42 dan 4,68. Tingkat keterbacaan buku ajar IPA terpadu berbantuan komik termasuk dalam kategori sangat baik, dilihat dari skor rata-rata angket peniliaan oleh 18 orang siswa sebesar 4,29. Berdasarkan data hasil penelitian, buku ajar IPA terpadu berbantuan komik dengan tema “Aku Bernapas” yang telah dikembangkan sudah layak untuk diuji ke tahap selanjutnya, yaitu implementasi dan evaluasi.

Author Biographies

Putu Anandia Pratiwi, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi S1 Pendidikan IPA

I Nyoman Suardana, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi S1 Pendidikan IPA

Putu Prima Juniartina, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi S1 Pendidikan IPA

References

Asyhari, A dan Helda S. (2016). “Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, Volume 05, Nomor 1 (hlm 1-13).

Budaeng, J., Hena D. A., dan Hestiningtyas Y. P. (2017). “Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Scaffolding pada Tema Gerak untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs”. Physic Education Journal, Volume 1, Nomor 1 (hlm 31-44).

Damopoliii, I. dan Jan H. N. (2016). “Pengembangan Media Pembelajaran Komik IPA Terpadu Materi Sistem Pencernaan pada Manusia”. Pancaran, Volume 5, Nomor 3 (hlm 61-70).

Lestari, D. I., dan Anti K. P. (2016). “Pengembangan Media Komik IPA Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah”. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Volume 2, Nomor 2 (hlm 145-155).

Lestari, I., Sri W., dan Yushardi. (2016). “Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Komik pada Pokok Bahasan Gerak di SMP”. Seminar Nasional Pendidikan 2016”, Volume 1, (hlm 564-572).

Pembukaan Undang-undang Dasar !945 Alenia ke-IV. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, 2016. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 68 Tahun 2013 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, 2013. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.2 Pasal 4 ayat 1 Tahun 2008 Tentang Buku Ajar, 2008. Jakarta.

Putra, I K. A. A. J., Suarsana, dan Suharta. (2020). “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Materi Pecahan untuk Siswa SMPLB Tunarungu dengan Pendekatan Multi Respresentasi”. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, Volume 9, Nomor 2 (hlm 158-170).

Rozalia, A., Kasrina, Irwandi A. (2018). “Pengembangan Buku Ajar Biologi Materi Keanekaragaman Hayati untuk SMA Kelas X”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, Volume 2, Nomor 2 (hlm 44-51).

Undang-undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat 1-5 Tentang Pendidikan di Indonesia. Jakarta.

Utariyanti, I. F. Z., Sri W., dan Siti Z. (2015). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik dalam Materi Sistem Pernapasan pada Siswa Kelas VIII MTs Muhammaddyah 1 Malang”. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, Volume 1, Nomor 3 (hlm 343-355).

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2021-04-30