Pengembangan Alat Peraga 3D berbasis Eco-Friendly melalui Project Based Online Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Ilmiah Calon Guru IPA

Authors

  • Nia Erlina Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sukra Warpala Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Prima Juniartina Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i2.52785

Keywords:

Alat peraga 3D, eco-friendly, kreativitas ilmiah, PjBL

Abstract

IPA terpadu adalah perpaduan kajian dua bidang atau lebih dari berbagai bidang Fisika-Kimia-Biologi mengenai suatu tema tertentu secara terintegrasi. Perpaduan ini mempermudah pendidik dalam pembelajaran terkait efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran karena tidak perlu berulang kali membahas suatu tema yang serupa. Namun, beberapa kendala yang dialami peserta didik dalam pembelajaran IPA Terpadu, yaitu materi sulit untuk dipahami dan dipelajari. Solusi yang dapat ditawarkan untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran IPA terpadu adalah menghadirkan alat peraga, berupa alat peraga 3D (berwujud tiga dimensi). Alat peraga 3D berperan sebagai alat informasi belajar karena membawa konsep materi yang akan dipelajari dan mampu mengembangkan kreativitas guru, dosen atau bahkan orang tua dalam memahami materi pelajaran. Fokus yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah pengembangan alat peraga 3D berbasis Eco-Friendly melalui Project Based Online Learning untuk meningkatkan kreativitas ilmiah calon guru IPA. Penelitian ini merupakan R&D (research and development) dengan menggunakan model ADDIE.  Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Pendidikan Ganesha. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa, dosen, serta ahli pendidikan dan pembelajaran IPA. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, berdasarkan hasil penilaian dari ahli (media, materi dan pembelajaran). Hasil penelitian menunjukkan perangkat yang dikembangkan mendapatkan predikat sangat valid serta dapat menumbuhkan kreativitas ilmiah mahasiswa calon guru IPA.

Author Biography

Nia Erlina, Universitas Pendidikan Ganesha

Department of Physics and Science Education

References

Al-Bulushi, A. H., & Ismail, S. S. 2017. Developing an online pre-service student teaching system using ADDIE approach in a Middle Eastern University. Theory and Practice in Language Studies, 7(2), 96. https://doi.org/10.17507/tpls.0702.02

Annur, S., Wati, M., Wahyuni, V., & Dewantara, D. 2019. Development of simple machines props using environmentally friendly materials for Junior High School. Proceedings of the 6th International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2018). Proceedings of the 6th International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2018), Yogyakarta, Indonesia. https://doi.org/10.2991/iceri-18.2019.19

Ayas, M.B., & Sak, U. (2014). Objective measure of scientific creativity: Psychometric validity of the Creative Scientific Ability Test. Thinking Skills and Creativity, 13, 195–205.

Desimarlina, Y., Juniati, N., Ajizah, E., & Jamaluddin, J. 2021. Pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran IPA Biologi pada materi virus di SMA Muhammadiyah Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.655

Erlina, N. 2021. Kesiapan calon guru IPA dalam pengembangan rencana pembelajaran berbasis education for sustainable development. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(2), 142-150.

Erlina, N., Suardana, I. N., Wicaksono, I., Pandiangan, P., & Budiastra, A. K. 2022. Education for sustainable development-based lesson plan validity test for mastery of pre-service science teacher learning outcomes. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 10(1), 85-97. http://doi.org/10.17478/jegys.1055967

Fatimah, D. D. S., Tresnawati, D., & Nugraha, A. 2019. Media pembelajaran pengenalan komponen komputer berbasis multimedia dengan pendekatan metodologi (R&D). Jurnal Algoritma, 16(02), 8. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.16-2.173

Fitriah, F., Utami, L. S., Sabaryati, J., & Isnaini, M. 2020. Pengembangan alat peraga fisika berbasis home material materi suhu dan kalor. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 196. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.4041

Gunawan, Harjono, A., Sahidu, H., & Nisrina. 2018. Improving students’ creativity using cooperative learning with virtual media on static fluida concept. Journal of Physics: Conference Series, 1006, 012016. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012016

Hairunisa, Arif Rahman Hakim, & Nurjumiati. 2019. Studi pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap kreativitas mahasiswa program studi PGSD pada mata kuliah konsep dasar IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 9(2), 93–96. https://doi.org/10.37630/jpm.v9i2.190

Heller, K.A. (2007). Scientific ability and creativity. High Ability Studies, 2, 209–234

Hotimah, H. 2008. Penerapan model pembelajaran IPA Terpadu bervisi SETS untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP. 163.

Hu, W., Wu, B., Jia, X., Yi, X., Duan, C., Meyer, W., & Kaufman, J.C. (2013). Increasing students’ scientific creativity: The “learn to think” intervention program. Journal of Creative Behavior, 47, 3–21

Hutauruk, P., & Simbolon, R. 2018. Meningkatkan hasil belajar siswa dengan alat peraga pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN nomor 14 Simbolon Purba. 8(2), 9.

Junaidi, N. S., Asra, A., Fathoni, A., & Sari, I. 2022. Rancang Bangun Alat Peraga Mobil Remot Kontrol Berbasis Education For Sustainable Development (ESD). 14(1), 5.

Kencono, D. S., & Winarsih, A. S. 2021. Pemanfaatan barang bekas sebagai alat peraga edukasi ramah lingkungan Sekolah PAUD di Kota Yogyakarta. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 6(3), 291–297. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v6i3.2082

Kolleck, N., Jörgens, H., & Well, M. 2017. Levels of governance in policy innovation cycles in community education: The cases of education for sustainable development and climate change education. Sustainability, 9(11), 1966. https://doi.org/10.3390/su9111966

Perello-Marín, M., Ribes-Giner, G., & Pantoja Díaz, O. 2018. Enhancing education for sustainable development in environmental university programmes: A co-creation approach. Sustainability, 10(2), 158. https://doi.org/10.3390/su10010158

Qomariyah, N. 2015. Penerapan media miniatur 3D guna meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII A MTs Al-Maarif 02 Singosari Malang. 159.

Rahmawati, S., Roshayanti, F., Nugroho, A. S., & Hayat, M. S. 2021. Potensi implementasi Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembelajaran IPA di MTs Nahdlatul Ulama Mranggen Kabupaten Demak. 2(1), 13.

Ramdani, A., & Artayasa, I. P. 2020. Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Inkuiri Terbuka. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15394

Safaruddin, S., Ibrahim, N., Juhaeni, J., Harmilawati, H., & Qadrianti, L. 2020. The effect of project-based learning assisted by electronic media on learning motivation and science process skills. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(1), 22–29. https://doi.org/10.46843/jiecr.v1i1.5

Sari, S. Y., & Dewi, W. S. 2018. Kondisi awal perkuliahan IPA SMP/MTS Kelas IX dalam rangka pengembangan alat peraga berbasis project based learning. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 194. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/248

Siron, Y., Ipah Khonipah, & Noer Kholifah Moti Fani. 2020. Penggunaan barang bekas untuk media pembelajaran: Pengalaman guru PAUD. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(2), 13. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i2.868

Suryani, W., Aji, S. D., & Sundaygara, C. 2019. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar fisika. 9.

Torrance, E.P. (1992). A national climate for creativity and invention. Gifted Child Today, 15, 10–14.

Wahid, F. S., Purnomo, M. A., & Ulya, S. M. 2020. Analisis peran guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap kreativitas belajar siswa. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 2(01), 38–42. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.247

Yurida, Y., Damopolii, I., & Erari, S. S. 2021. Hubungan antara kreativitas guru dengan motivasi belajar sains siswa selama pandemic Covid-19. 7.

Yustina, Y., Syafii, W., & Vebrianto, R. 2020. The effects of blended learning and project-based learning on pre-service biology teachers’ creative thinking skills through online learning in the Covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 408–420. ttps://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706

Downloads

Published

2022-10-30