Analisisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
kemampuan berpikir kritis, pendekatan inkuiri terbimbingAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dan (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Dara kunci yang terdiri dari 20 orang. Teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis yang dicapai siswa dengan penerapan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing secara keseluruhan berada pada kategori tinggi untuk aspek interpretasi dan aspek analisis, namun pada indikator atau aspek evaluasi dan inferensi berada pada kategori rendah dan sedang (2) siswa memberikan respon positif pada penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing baik dalam penyataan positif maupun pernyataan negatif.
References
Abd-El-Khalick, F., Boujaoude, S., Duschl, R., Lederman, N. G., Mamlok-Naaman, R., Hofstein, A., Niaz, M., Treagust, D., & Tuan, H. L. 2004. Inquiry in science education: International perspectives. Science Education, 88(3), 397–419. https://doi.org/10.1002/sce.10118
Achieve. 2010. International Science Benchmarking Report Taking the Lead in Science Education : Forging Next-Generation Science Standards Executive Summary. Retrieved from http:// www.achieve.org/files/InternationalScienceBenchmarkingReport.pdf.
Agnafia, D. N. 2019. Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea, 6(1), 45–53.
Angeli, C. 2008. Distributed cognition: A framework for understanding the role of computers in classroom teaching and learning. Journal of Research on Technology in Education, 40(3), 271–279. https://doi.org/10.1080/15391523.2008.10782508
Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., Widiyanti, N. L. P. M., Studi, P., Sains, P., Pascasarjana, P., & Ganesha, U. P. 2013. Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. 3.
Cahyono, B. 2017. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510
Egok, A. S. 2019. Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 53(9), 1689–1699.
Facione, P., Gittens, C. A., & Boston. 2016. Think Critically. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. Boston, Pearson Education, Inc.
Firdausi, B. W., Yermiandhoko, Y., & Surabaya, U. N. 2021. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 229–243.
Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Okoroafor, N., Jordt, H., & Wenderoth, M. P. 2014. Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 111(23), 8410–8415. https://doi.org/10.1073/pnas.1319030111
Karim, N. 2015. Critical Thinking Ability of Students in Learning Mathematics Using the Jucama Model in Middle School. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Kartimi, & Liliasari. 2016. Pengembangan alat ukur berpikir kritis pada konsep termokimia untuk siswa SMA peringkat atas dan peringkat menengah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 21–26.
Lee, O., Hart, J. E., Cuevas, P., & Enders, C. 2004. Professional development in inquiry-based science for elementary teachers of diverse student groups. Journal of Research in Science Teaching, 41(10), 1021–1043. https://doi.org/10.1002/tea.20037
Marinda, L. 2020. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Masidjo. 1995. Penilaian pencapaian hasil belajar siswa di sekolah. Yogyakarta, Kanisius.
Schonert-Reichl, K. A. 2017. Social and emotional learning and teachers. Future of Children, 27(1), 137–155. https://doi.org/10.1353/foc.2017.0007
Seranica, C., Purwoko, A. A., & Hakim, A. 2018. Influence of Guided Inquiry Learning Model to Critical Thinking Skills. Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 8(1), 28–31. https://doi.org/10.9790/7388-0801022831
Spradley, J. P. 2016. The Ethnographic Interview. In The SAGE Encyclopedia of Communication Research Methods. Reissued Long Grove, IL: Waveland Press, Inc. https://doi.org/10.4135/9781483381411.n168
Suryono, & Hariyanto. 2014. Belajar dan Pengajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Triyono, Hasan, S., & Tolangara, A. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pernapasan di SMP Negeri 9 Halmahera Utara. Jurnal Bioedukasi, 5(2), 134–141.
Wardani, N., Ngazizah, N., & Ratnaningsih, A. 2022. JOTE Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 154-163 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Penerapan Metode Inquiry Learning dalam Pembelajaran IPA pada Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 4, 154–163.
Wartini, N. W. 2021. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 126–132. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32255