PERAN GURU IPA SMP SEBAGAI FASILITATOR DALAM KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH

Penulis

  • Siti Shofiya
  • Septi Budi Sartika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i2.28566

Kata Kunci:

peran guru, fasilitator, kegiatan belajar dari rumah, siswa SMP, IPA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru IPA SMP dalam kegitan belajar dari rumah selama pandemi covid-19. Dalam penelitian ini, pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan triangulasi sumber, yang meliputi guru IPA kelas VII, VIII, dan IX. Teknik pengambilan data berupa teknik wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru IPA di SMP YP 17 Surabaya sudah menjalankan perannya sebagai fasilitator sesuai dengan indicator kecuali aspek menyampaikan materi melalui video conference. Faktor – faktor yang menghambat guru menjalakan perannya sebagai fasilitator yaitu 1) koneksi internet yang kurang bagus di daerah tertentu; 2) banyak siswa yang tidak memiliki handphone pribadi; 3) orang tua terbatas dalam membeli kuota data yang penggunaan lebih dari biasanya. Saran untuk peneliti selanjutnya, penelitian yang dilakukan dapat dikembangkan untuk peran guru yang lainnya, misalnya sebagai motivator, kreator, inovator, dan sebagainya.  

Referensi

Agustina, R. (2017). Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Wonosobo Kabupaten Tanggamus (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).Bachri, S. Bachtiar. 2010. Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan. 10(1).

Al Faqir, Anisyah. 2020. Kendala dan Tantangan Belajar dari Rumah, dari Akses Internet Hingga Hambatan Guru. http://m.detik.com/news/berita/d-4960285/kemendikbud-soal-kendala-belajar-di-rumah-materi-ajar-rumah-tak-kondusif

Amalia, A., & Fatonah, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Dragonlearn pada Era Pandemic Covid-19 (Studi Kasus di MI Ma’had Islam Kopeng). ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 148-164.

Ananda, Rusyidi (Ed). 2018. Profesi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan.

Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

ASTUTI, W. (2018). PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH AL-ISLAM RUMBIO (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1).

Jamaludin, Didin, Teti Ratnasih, dkk. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid -19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati. Bandung.

Jannah, M., & Junaidi, J. (2020). Faktor Penghambat Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 2 Batusangkar. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 191-198.

Malyana, A. (2020). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DENGAN METODE BIMBINGAN BERKELANJUTAN PADA GURU SEKOLAH DASAR DI TELUK BETUNG UTARA BANDAR LAMPUNG. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd.

Nuryana, Arief, Pawito, dkk. 2019. Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. Jurnal Universitas kebangsaan. ENSAINS 2(1).

Puspitorini, F. (2020). Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 99-106.

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 49-54.

RI, B. K. D., Lt, G. N. I., & Subroto, J. J. G. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat Covid-19.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.

SHOLIHAH, R. (2017). Faktor-Faktor yang Meningkatkan Kedisilinan Guru di MtsN Nglawak Kertosono (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Sugiyono Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung:Alfabeta, 2013).

Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease Covid 19 Dalam Pandangan Islam. Jurnal Sosial & Budaya, 7(6), 555-564.

Wahyuni, Reza. 2017. Peranan Guru Dalam Menanamkan Nilai Kedisiplinan Dan Kegiatan Belajar Siswa Penderita Tuna Rungu Disekolah Luar Biasa PKK Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Kependidikan. Universitas Lampung. Bandar Lampung. Hal 10

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3), 227-238.

Diterbitkan

2020-10-29