PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA PADA TOPIK HIDROLISIS GARAM DAN LARUTAN PENYANGGA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

Penulis

  • Luh Maharani Merta SMAN 4 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.30048

Kata Kunci:

model pembelajaran inkuiri terbimbing, penguasaan konsep, motivasi belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep kimia siswa kelas XI IPA5 SMA Negeri 4 Singaraja melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas XI MIPA5 SMA Negeri 4 Singaraja, berjumlah 39 orang dan objek penelitian ini adalah motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus; setiap siklus terdiri atas empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Tes hasil belajar digunakan mengukur penguasaan konsep siswa, inventori digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa, dan angket digunakan untuk mengukur pendapat siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Data penguasaan konsep kimia dan motivasi belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep kimia dari siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata motivasi belajar siswa dari 2,39 dengan kategori cukup pada Siklus 1 menjadi 3,53 dengan kategori sangat tinggi pada Siklus 2. Demikian juga, skor rata-rata penguasaan konsep kimia dari siswa dari 74,36 pada Siklus 1 menjadi 79,90 pada Siklus 2. Siswa setuju dengan model pembelajaran yang diterapkan. Mereka berharap agar model pembelajaran ini dapat digunakan untuk mengajarkan konsep-konsep kimia yang lain.

Referensi

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. 2018. Guided inquiry learning model towards student learning outcomes and critical thinking ability. Jurnal Pijar MIPA, 13(2), 94–99.

Asni, A., Wildan, W., & Hadisaputra, S. 2020. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia siswa materi pokok hidrokarbon. Chemistry Education Practice, 3(1).

Budiasa, K., Nyeneng, I. D. P., & Iyanti, V. 2013. Perbandingan metode inkuiri terbimbing dan bebas termodifikasi terhadap motivasi dan hasil belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 1(2), 1–12.

Chusni, M. M. 2016. Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing dengan metode pictorial riddle untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 111.

Halek, E. F., Oetpah, V., & Seran, Y. 2016. Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran inkuiri pada siswa SMA. Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 2047–2049.

Halimah, S. N., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. 2015. Penerapan model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(3), 997–1010.

Handhika, J., Kurniadi, E., & Ahwan, A. 2016. Peningkatan hasil belajar mahasiswa pokok bahasan analisis vektor melalui inkuiri terbimbing.

Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, 2(1), 12–15.

Hermayani, A. Z., Dwiastuti, S., & Marjono, M. 2015. Motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem melalui penerapan model inkuiri terbimbing. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 6(2), 79–85.

Kemmis, W. C., & McTaggart, R. M. 1988. The action research planner. Victoria: Deakin University Press.

Lewe, R. N. A., Sholikhan, S., & Pratiwi, H. 2020. Implementasi model inkuiri terbimbing sebagai upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Terapan Sains Dan Teknologi, 2(1), 1–8.

Lukma, H. N. 2017. Pembelajaran fisika dengan inkuiri terbimbing menggunakan animasi dan pictorial Riddle di tinjau dari motivasi belajar dan sikap ilmiah. Jurnal Qua Teknika, 7(1), 21–29.

Merta, L. M. 2012. Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap penguasaan konsep dan sikap ilmiah siswa. Tesis. Universitas Pendidikan Ganesha.

Purwanto, A. 2012. Kemampuan berpikir logis siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dengan menerapkan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran fisika. Exacta, 10(2), 133–135.

Qomaliyah, E. N., Sukib, S., & Loka, I. N. 2017. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis literasi sains terhadap hasil belajar materi pokok larutan penyangga. Jurnal Pijar MIPA, 11(2), 105–109.

Rahmawati, R., Hasan, M., & Gani, A. 2014. Meningkatkan motivasi dan penguasaan konsep siswa SMA pada pokok bahasan larutan asam basa dengan metoda pembelajaran inkuiri terbimbing. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2(1), 65–74.

Ratnaningrum, D., Chamisijatin, L., & Widodo, N. 2016. Penerapan pembelajaran guided inquiry untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa Kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 2 Batu. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(2), 230–239.

Rizkiana, F., Dasna, I. W., & Marfu’ah, S. 2016. Pengaruh praktikum dan pengaruh praktikum dan demonstrasi dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar siswa materi asam basa ditinjau dari kemampuan awal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 354–362.

Suarseni. 2011. Model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia siswa. Tesis. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sulisthia, P. S., Wiarta, I. W., & Manuaba, I. B. S. 2014. Penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media animasi komputer untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 2 Manukaya tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Sumarni, S., Santoso, B. B., & Suparman, A. R. 2017. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik di SMA Negeri 01 Manokwari (Studi pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan). Nalar Pendidikan, 5(1), 21–30.

Utami, W. D., Dasna, I. W., & Sulistina, O. 2013. Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 1–7.

Widiartini, D. 2012. Studi komparatif problem solving dan problem possing dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep kimia siswa SMA Negeri 1 Singaraja. Tesis. Universitas Pendidikan Ganesha.

Winanto, A., & Makahube, D. 2016. Implementasi strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa Kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 119.

Yasmin, N., Ramdani, A., & Azizah, A. 2015. Pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar Biologi siswa Kelas VIII di SMPN Gunung Sari tahun akademik 2013/2014. Jurnal Pijar MIPA, X(1), 69–75.

Diterbitkan

2021-04-30