PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI DAN HASIL BELAJAR IPA

Penulis

  • Nursuci Arfiany Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
  • Ramlawati Ramlawati Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
  • Sitti Rahma Yunus Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.31575

Kata Kunci:

Argument-Driven Inquiry (ADI), keterampilan argumentasi, hasil belajar IPA

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian eskperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap peningkatan keterampilan argumentasi dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 29 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 29 Makassar sebanyak 7 kelas berjumlah 248 orang, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 36 orang dengan pemilihan sampel secara purposive sampling. Hasil analisis deskriptif peningkatan keterampilan argumentasi peserta didik diperoleh skor rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0,60 tergolong kategori sedang dan kelas kontrol 0,39 juga tergolong kategori sedang. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik diperoleh skor rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0,46 kategori sedang dan kelas kontrol 0,37 tergolong kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan uji-t diperoleh kesimpulan bahwa pengujian keterampilan argumentasi hasil belajar menunjukkan  ditolak dan  diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) terhadap peningkatan keterampilan argumentasi dan hasil belajar IPA peserta didik didik kelas VIII SMPN 29 Makassar pada materi pokok zat aditif dan zat adiktif.

Referensi

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bekiroglu, F.O. and Eskin, H. (2012). Examination of the Relationship Between Engagement In Scientific Argumentasiation and Conseptual Knowledge. International Journal of Science and Mathematics Education, Volume 10 Nomor 1, 1415-1443.

Corebima & Astuti Muh. Amin. (2016). Persepsi Dosen terhadap Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (R&Q) dan Argumentasi Driven Inquiry (ADI) . Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Damayanti, Ida dan Mintohari. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA Sekolah Dasar. JPGSD Volume 02 Nomor 03.

Ginanjar, W.S., Utari, S., & Muslim. (2015). Penerapan model Argumentasi Driven Inquiry (ADI) dalam Pembelajaran IPA untuk meningkatkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA Volume 20 Nomor 1, 32-37.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of. American Journal of Physics, 66, 64.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 54 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam SMP/Mts Kelas VIII Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahardika, A.S., Fitriah, Zainuddin. (2015). Keterampilan berargumentasi ilmiah pada pembelajaran Fisika melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jurnal Vidya Karya, 755.

Osborne, J. (2010). Arguing to Learn in Science : The Role of collaborativem, Critical Discourse. Washintong, D. C.: American Association for the Advencement of Science.

Osborne,J., Simon, S., Erduran, S. (2004). Enchancing the quality of argumentasi in school science. Journal of Research in Science Teaching, 26.

Prasetyowati, R. (2014). Pembelajaran IPA SMP menurut Kurikulum 2013. Yogyakarta: Jurusan FISIKA FMIPA UNY.

Sampson, V., & Clark, D. B. (2008). Assesment of the ways students generate argumentasis in science education : Current perpectives and recommendations for future directions. Science Education, 450.

Sampson, V., Hudner, T. L., FitzPatrick, D., LaMee, A., & Grooms, J. (2017). Argument-Driven Inquiry in Physich. Arlington, Virginia: National Science Teachers Association.

Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif dan Psikomotorik (Konsep dan Aplikasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tawil, M. &. (2014). Keterampilan-keterampilan sains dan Implementasinya dalam pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Tiro, M. A. (2015). Dasar-dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.

Diterbitkan

2021-04-30