PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI MAHASISWA

Penulis

  • Yossie Ulfa Nuzalifa STKIP Asy-Syafi'iyah Internasional Medan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.31774

Kata Kunci:

Collaboration Skills, Think Pair Share (TPS) Learning Model, Lesson Study

Abstrak

Hasil observasi pada Matakuliah Keanekaragaman Makhluk Hidup, Program Studi Pendidikan IPA di Universitas Negeri Malang, menunjukkan bahwa kondisi pembelajaran yang dilaksanakan mengalami beberapa permasalahan. Salah satunya yaitu mahasiswa kurang memiliki keterampilan kolaborasi. Kurangnya keterampilan kolaborasi pada mahasiswa terlihat dari rendahnya keaktifan saat diskusi, presentasi, tanggung jawab dalam melaksanakan proses belajar, sikap menghargai dan menghormati pendapat teman, serta dalam hal berkomunikasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterampilan kolaborasi mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis Lesson Study (LS). Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis LS dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilaksanakan terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus penelitian menerapkan rangkaian tahapan dari Lesson study yang terdiri dari perencanaan (plan), pelaksanaan (do) dan refleksi (see). Subjek penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang dengan jumlah mahasiswa sebanyak 32 orang. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penelitian ini dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi mahasiswa secara keseluruhan. Peningkatan terjadi pada setiap siklus dan mengacu pada tiap-tiap indikator yang diamati. Peningkatan yang terjadi membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran yang tepat dapat menjadikan kegiatan pembelajaran lebih produktif, efektif dan menyenangkan.

Diterbitkan

2021-04-30