Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i2.38498Kata Kunci:
Bahan ajar, IPA terpadu tipe connected, Pembelajaran BerdiferensiasiAbstrak
Pembelajaran IPA di tingkat SMP kini diharapkan dilaksanakan secara terpadu agar siswa memperoleh pemahaman secara holistik. Sementara itu di lapangan, pembelajaran IPA belum diajarkan secara terpadu. Tidak jarang juga bahan ajar yang digunakan oleh guru-guru SMP belum menyajikan IPA secara terpadu. Bahan ajar dari kajian fisika, kimia dan biologi yang disajikan secara terpisah. Bahan ajar memberikan ruang kepada siswa untuk belajar kapan saja dan dimana saja. Pembelajaran diharapkan dapat mengakomodir kesiapan, minat, serta profil siswa demi terwujudnya merdeka belajar. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan strategi pembelajaran yang mampu mengakomodir kebutuhan siswa untuk mewujudkan merdeka belajar. Tujuan dari penelitian R & D ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul IPA Terpadu tipe connected berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi lapisan Bumi kelas VII. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan pengujian terhadap bahan ajar yang dikembangkan kepada ahli materi, ahli media dan uji praktisi (guru dan siswa) menunjukkan kategori baik pada rentang nilai 75%-89%.
Referensi
Anwar, S. (2014). Bahan Perkuliahan: Pengolahan Bahan Ajar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Arif, R. M. 2018. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Model Connected untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Hayati. Vol 4(1) pp: 1-9.
Asrizal, Festiyed, Sumarmin, R. 2017. Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bemuatan Literasi Era Digital unutk Pembelajaran Siswa SMP Kelas VIII. Universitas Negeri Padang: Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). Vol 1(1) pp: 1-8
Astiti, K. A., Yusuf, Y. H. M., Kalendiwau, A. J. W. 2020. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected pada materi Zat dan Karakteristiknya. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan. Vol. 6(4). pp: 22-28.
Astiti, K. A., Engge, B. Y., Bani, M. D.S., 2020. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Energi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI). Vol. 3(2) pp:102-111.
Cahyadi, R. A. H. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. HALAQA: Ilamic Education Journal. Vol 3(1). 35-43.
Helfidayati. 2016. Peran Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected Pada Tema Pemanasan Global Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia. Jogjakarta
Kesuman, A., Mukhidin, Hasan, B. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 23(1).
Pujayanto, Hardini, R., Ekawati, E. Y. (2012). Pengembangan bahan ajar IPA Terpadu Berbasis Salingtemas untuk Siswa Kelas VII Dengan Tema Ekosistem Air Tawar. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 9-13
Suwartningsih. 2021.Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IX B Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI). Volume 1(2) pp:80-94.