Profil Keterampilan Berpikir Analisis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal IPA Berdasarkan Gender

Penulis

  • Mar’atus Sholikhati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Septi Budi Sartika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i1.42221

Kata Kunci:

profil, keterampilan berpikir analisis, gender, SMP, IPA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir analisis siswa SMP dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan yang memiliki kemampuan kognitif setara, dalam menyelesaikan soal IPA. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif jenis fenomenologi. Subjek penelitian adalah satu orang siswa laki-laki dan satu orang siswa perempuan kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) profil keterampilan berpikir analisis siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal IPA berkategori baik untuk indikator membedakan dan mengelompokkan, serta berkategori sangat baik untuk indikator mengatribusi, sedangkan 2) profil keterampilan berpikir analisis siswa perempuan dalam menyelesaikan soal IPA berkategori kurang baik untuk indikator membedakan dan mengelompokkan serta berkategori sangat baik untuk indikator mengatribusi. Penelitian yang dilakukan fokus pada gender untuk mengungkap profil keterampilan berpikir analisis siswa, penelitian selanjutnya diharapkan melakukan peninjauan dari sudut pandang lainnya, misalnya gaya belajar, kemampuan kognitif, dan sebagainya sehingga akan semakin memperdalam analisis penelitian.

Referensi

Afifah, M. N., Septiarini, F. N., & Afifah, F. H. (2019). Analisis higher order thinking skills siswa SMP ditinjau dari perbedaan gender. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2).

Areesophonpichet, S. (2013). A development of analytical thinking skills of graduate students by using concept mapping. In The Asian Conference on Education (Vol. 1, p. 15). Osaka, Japan: Official Conference Proceedings.

Astuti, V. A. D., & Ramlah, R. (2020). Deskripsi Kemampuan Berpikir Analitis Materi Bangun Datar Segiempat Pada Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1e).

Cahyono, B. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis dalam memecahkan masalah ditinjau perbedaan gender. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 50-64.

Conklin, W. & Manfro, J. (2012). Higher order thinking skills to develop 21st century learners. Shell Education Publishing, Inc. Huntington.

Facione, P. A., & Facione, N. C. (2013). Critical thinking for life: Valuing, measuring, and training critical thinking in all its forms. Inquiry: Critical thinking across the disciplines, 28(1), 5-25.

Harso, A., & Gago, J. (2018). Profil Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Ende Berdasarkan Perspektif Gender. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(2), 75-83.

Hodiyanto, H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gender Pada Materi Himpunan. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 3(1), 27-40.

Kartikawati, E., Cahyani, A. F., & Amirullah, G. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(4), 22-34.

Kolayiş, H., Sarı, İ., & Çelik, N. (2014). The comparison of critical thinking and problem solving disposition of athletes according to gender and sport type. Journal of Human Sciences, 11(2), 842-849.

Milles, M. B., & Huberman, M. A. (1994). Qualitative data analysis. United States: McGraw Hills.

Nugroho, A. A. (2017). The implementation of collaborative-based guided discovery reviewed from students’ analytical thinking skills and social skills. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 128-136.

Rasweda, V., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Group Investigation Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan 1(2), 87-93.

Rodzalan, S. A., & Mohamed Saat, M. (2015). The perception of critical thinking and problem solving skill among Malaysian undergraduate students. Procedia- Social and Behavioral Sciences, 172, 725-732.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013.

Sartika, Septi Budi. (2019) Model Pembelajaran 4A (Analisis Fenomena, Analisis Informasi, Analisis Data, dan Analisis Temuan) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Analisis Siswa SMP Pada Mata Pelajaran IPA. (Disertasi Doktoral, Universitas Negeri Surabaya, 2019).

Sartono, N., Rusdi, R., & Handayani, R. (2017).

Pengaruh pembelajaran process oriented guided inquiry learning (pogil) dan discovery learning terhadap kemampuan berpikir analisis siswa sman 27 jakarta pada materi sistem imun. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 58-64.

Sugiyono. (2018) Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (Cet. Ke-27 Bandung:ALFABETA.

Suharyani, E.D. (2012). Penerapan Pendekatan Klasifikasi untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dunia Tumbuhan dan Penalaran Siswa SMA Berdasarkan Gender. Tesis pada Program Studi Biologi UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Widyastuti, A. C., Permana, D., & Sari, I. P. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bangun ruang sisi datar dilihat dari gender. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 145-148.

Wood, J. T. (1994). Gendered media: The influence of media on views of gender. Gendered lives: Communication, gender, and culture, 9, 231-244.

Wulandari, N. W., Nuroso, H., & Siswanto, J. (2014). Kemampuan Analisis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Kalor Tipe Grafik. Prosiding SEMNAS Entrepreneurship, ISBN, 978-602.

Diterbitkan

2022-04-25