Penerapan Pendekatan Technological, Pedagogical, Content, Knowledge (TPACK) terhadap Kemampuan Prosedural IPA Siswa Kelas VIII SMP Telkom Makassar

Penulis

  • Harisa Universitas Negeri Makassar
  • Sitti Saenab Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Aqil Rusli Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i2.45234

Kata Kunci:

Pendekatan TPACK, Kemampuan Prosedural

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian pre-experiment yang bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan prosedural IPA siswa kelas VIII SMP Telkom Makassar setelah diajar dengan menggunakan pendekatan TPACK pada materi tekanan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan (2) kategori kemampuan prosedural IPA siswa kelas VIII SMP Telkom Makassar setelah diajar dengan menggunakan pendekatan TPACK pada materi tekanan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experiment dan desain penelitian one shot case study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas VIII SMP Telkom Makassar. Sampel ditetapkan melalui teknik purposive sampling sehingga terpilih dua kelas dengan jumlah keseluruhan 35 siswa. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan prosedural. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan pemberian skor tes. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) secara deskriptif kemampuan prosedural IPA siswa kelas VIII SMP Telkom Makassar setelah dibelajarkan menggunakan pendekatan TPACK pada materi tekanan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari memperoleh skor rata-rata yaitu 18,77 yang berada pada kategori sedang. (2) Melalui uji t satu sampel, diperoleh bahwa kemampuan prosedural IPA siswa kelas VIII SMP Telkom Makassar setelah dibelajarkan menggunakan pendekatan TPACK pada materi tekanan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari adalah lebih dari skor 10 atau minimal berada pada kategori sedang dan tinggi.

Referensi

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. 2015. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bufler, A., & Allie, S. 2001. The Development of First Year Physics Students Ideas About Measurement in Terms of Point and Set Paradigms. International Journal of Science Education, 23, 1137-1156.

Hake, R. R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills: Dept. of Physics, Indiana University.

Hayu, R. M., & Yanti, F. 2017. Hubungan Kemampuan Metakognisi dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di MTSN Kuranji Padang. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2, 30-35.

Kemdikbud. 2014. Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Jakarta

Nurmansyah, U. , & Setiana. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika Melalui Pendekatan Saintifik TPACK. Jumlahku, 6, 24-36.

OECD. 2019. Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018 Programme for International Student Assessment. Jakarta: Kemendikbud

Pane, A., & Dasopang, M. D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3, 333-352.

Putriani, E., & Sarwi. 2014. Implementasi Strategi Tpck Dengan Media Simulasi Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Konsep Getaran Dan Gelombang. Unnes Physics Education Journal, 3, 35-41

Rahmadi, I. F. 2019. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6, 65-74.

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Saputra. 2019. Hubungan antara Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Technology Integration Self Efficacy (TISE) Guru Matematika. Doctoral dissertation: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukaesih. 2017. Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Calon Guru pada Mata Kuliah PP BIO. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains).

Wijaya, T. T., Aditya, P., & Hendry. T. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Konsep Tpack Pada Materi Garis Dan Sudut Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3, 205-214.

Diterbitkan

2022-10-30