Eksplorasi Konsep Fisika Pada Permainan Lempar Bola Secara Vertikal dengan Bantuan Aplikasi Tracker

Penulis

  • Mohd Zaidi Bin Amiruddin Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i1.45707

Kata Kunci:

Aplikasi Tracker, Eksplorasi, Konsep fisika, Permainan

Abstrak

Kurangnya pemahaman fisika peserta didik pada gerak vertikal ke atas dikarenakan hanya diberikan materi secara umum. Hal ini diperparah dengan pembelajaran yang berlaku secara daring akibat Covid-19. Namun, dengan perkembangan teknologi ternyata banyak sekali yang bisa diintegrasikan antara satu dengan yang lain. Salah satunya permainan lempar bola dengan konsep fisika. Penelitian  ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep dan membuktikan teoritik fisika yang terdapat pada permainan lempar bola ke atas. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif dengan metode analisis video yang dimasukkan ke dalam aplikasi tracker dimana hasil analisis video tersebut memaparkan data matematis pada grafik yang muncul di layar aplikasi tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya bantuan aplikasi tracker dan contoh nyata dalam kehidupan sehari – hari ternyata dapat mengeksplorasi konsep dan membuktikan teoritik fisika yang ada pada gerak vertikal ke atas. Selain itu, data percobaan yang diperoleh  ternyata linear dengan hasil percobaan para ahli sebelumnya pada gerak vertikal ke atas. Kemudian data yang dihasilkan lebih valid dibandingkan dengan cara percobaan yang konvensional. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa adanya aplikasi tracker dan contoh nyata dalam kehidupan sehari – hari dapat menjadi media pembelajaran yang inovatif untuk menggali membuktikan konsep fisika secara teoritik. Kedepannya, perlu adanya penelitian lanjutan untuk membuktikan apakah aplikasi ini benar benar efektif untuk menemukan konsep fisika pada sub materi yang lain khususnya pada benda yang bergerak.

Biografi Penulis

Mohd Zaidi Bin Amiruddin, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa S1 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Surabaya

Referensi

Afifah, D. N., Yulianawati, D., Agustina, N., Lestari, R. D. S., & Nugraha, M. G. (2015, June). Metode sederhana menentukan percepatan gravitasi bumi menggunakan aplikasi tracker pada gerak parabola sebagai media dalam pembelajaran fisika SMA. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, Bandung.

Agustinasari, A. dan Sumarni, R.A. (2021) January. Alat penghitung fisika pada materi gerak vertikal berbasis matlab. in semnas ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) (Vol. 5, No. 1). doi: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.4989

Aip, S., Rustiawan, D., & Sugarel, A. 2018. Praktis Belajar Fisika. Jakarta: Visindo Media Persada.

Gunawan, Y. I. P., dan Amaludin, A. 2021. Pemanfaatan teknologi pembelajaran dalam jaringan di masa pandemi covid-19. Madaniyah, 11(2), 133-150.

Habibbulloh, M., dan Madlazim, M. 2014. Penerapan metode analisis video software tracker dalam pembelajaran fisika konsep gerak jatuh bebas untuk meningkatkan keterampilan proses siswa kelas X SMAN 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(1), 15-22.

Handayani, S dan Damari, A. 2009. Fisika Untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Cv. Adi Perkasa

Jaya, H. 2013 ‘Pengembangan laboratorium virtual untuk kegiatan praktikum dan memfasilitasi pendidikan karakter di SMK’, Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), pp.81–90.doi: https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1019

Munandar, H., Sutrio, S., & Taufik, M. 2018. Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media animasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa SMAN 5 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 111-120.

Napsawati, N. 2020. Analisis situasi pembelajaran IPA Fisika dengan metode daring di tengah wabah covid-19. Karst: jurnal pendidikan fisika dan terapannya, 3(1), 6-12.

Ramadhanti, D., Kuswanto, H., Hestiana, H., & Azalia, A. 2021. Penggunaan analisis video gerak kucing melompat berbantuan aplikasi tracker sebagai kegiatan praktikum mandiri materi gerak pada peserta didik SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3), 459-470.

Sarojo. 2014. Seri Fisika Dasar Mekanika Edisi 5. Jakarta. Salemba Teknika

Setyawaro, D. 2019. Tutorial penggunaan aplikasi video tracker untuk analisis gerak benda. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Sutarno. 2013. Fisika untuk Universitas. Yogyakarta. Graha Ilmu

Swandi, A., Rahmadhanningsih, S., Viridi, S., Nurhayati, N., Putri, R.A. & Suryadi, A., 2021. Simulasi gerak translasi dan gerak melingkar menggunakan vba macro excel melalui project based learning (PBL). JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 9(1), pp.33-42. doi: https://doi.org/10.24252/jpf.v9i1.20519

Tambunan, L.R. dan Sundari, E., 2020. Pengembangan buku digital pada materi persamaan garis singgung lingkaran. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), pp.1184-1191. doi: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3084

Wasono, K.E., Wiyanto, W. & Akhlis, I., 2017. Efektivitas penerapan bahan ajar inkuiri berbasis web dalam pembelajaran fisika ditinjau dari aspek kognitif. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(1), pp.70-73. doi: https://doi.org/10.15294/upej.v6i1.13933

Wee, L.K. dan Leong, T.Z. 2015. Video analysis and modeling performance task to promote becoming like scientists in classrooms. American Journal of Educational Research,3(2):197–207. https://doi.org/10.12691/education-3-2-13

Yulkifli, Y., dan Ramli, R. 2018. The use of tracker application to enhance physics teachers in senior high school in making laboratory video. Pelita Eksakta, 1(1), 31-36.

Diterbitkan

2022-04-25