Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Bertema Olahraga dengan Model Webbed Untuk Siswa Kelas VIII SMP

Penulis

  • I Made Arta Cahyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Pujani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Pande Latria Devi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i1.46349

Kata Kunci:

IPA Terpadu, Tema Olahraga, Model Webbed

Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis karakteristik, tingkat kevalidan, dan tingkat keterbacaan modul pembelajaran IPA Terpadu bertema Olahraga dengan model webbed untuk siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, and disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai tahap develop untuk mengetahui validitas dan keterbacaan. Pada tahap define, dilakukan analisis kurikulum, peserta didik, bahan ajar, materi, dan merumuskan tujuan pembelajaran. Pada tahap design, dilakukan perancangan awal dengan membuat produk modul IPA terpadu. Pada tahap develop, dilakukan uji validitas isi oleh para ahli. Subjek penelitian melibatkan dua orang dosen ahli yaitu dosen ahli isi yang berperan sebagai validator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, karakteristik modul IPA terpadu yang dikembangkan, yaitu menggunakan tema olahraga, menggunakan langkah-langkah model pembelajaran webbed, berisikan petunjuk penggunaan modul, setiap sub materi terdapat contoh soal, latihan soal, percobaan, dan informasi tambahan seputar dunia sains sesaui materi yang dibahas. Tingkat kevalidan modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori validitas sangat tinggi, dilihat dari skor angket penilaian oleh 2 orang dosen ahli Pendidikan IPA sebesar 0,91. Tingkat keterbacaan modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat terbaca, dilihat dari skor rata-rata angket penilaian oleh 4 orang guru IPA kelas VIII dan 6 orang siswa kelas VIII secara berturut-turut sebesar 4,54 dan 4,24. Berdasarkan data hasil penelitian, modul IPA terpadu bertema olahraga dengan model webbed dapat diuji ke tahap selanjutnya yaitu uji kepraktisan, uji keefektifan, dan penyebaran produk.

Referensi

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Badan Nasional Standar Pendidikan. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta: BNSP

Dewi, N.R & Artini, F.Y. 2018. Uji Keterbacaan pada Pengembangan Buku Ajar Kalkulus Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika. (1):299-303.

Dharma, S. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Direktur Tenaga Kependidikan.

Erinda, L., Indriwati, S. E. & Sulasmi, E. S. 2018. Pengembangan Modul Keanekaragaman Tumbuhan Home Science Process Skill Berbasis Inkuiri Terbimbing Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Di MAN 1 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi. 9(2):64-70.

Ismail. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Disertasi, Makassar. PPS-UNM.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No.21 Tahun 2016 tentang standar isi Pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: kemendikbud

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No.22 Tahun 2016 tentang standar proses Pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: kemendikbud

Novitasari, E., Masyukri, M. & Aminah, N.S. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Matahari sebagai Sumber Energi Alternatif di kelas VII SMP/MTs. Jurnal Inkuiri. 5(1):112-121.

Rahdiyanta, D. 2012. Teknik Penyusunan Modul. Artikel. (Online) http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-teknik-penyusunan-modul.pdf. diakses 10 oktober 2016.

Ramlawati. 2017. Mata Pelajaran IPA BAB VII Modul Sistem Organ pada Manusia. Link:

https://www.usd.ac.id/fakultas/pendidikan/f1l3/PLPG2017/Download/mater i/ipa/BAB-VIII_-SISTEM-ORGAN-PADA-MANUSIA.pdf. (diakses tanggal 2 Oktober 2020).

Sadia, I. W. 2014. Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada

Selamet, K. & Putri, S. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu SMP Berpendekatan Saintifik dengan Tema Kuliner. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya 12(2) 65-79

Setyosari, P. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana Prenada Jakarta: Media Group

Sugiyono. 2017. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suroto, Agus Mahendra, Amat Komari, & Taufiq 2018. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. 1974. Instructional development for training teacher of exceptional children. Bloomington Indiana: Indiana University

Trianto. 2010. Model pembelajaran terpadu konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara

Widoyoko, E. P. 2009. Evaluasi Panduan Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidikan dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wulan, Ana Ratna, Herwati Susilo, & I Made Padri. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/Mts Kelas VIII Semester I. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Diterbitkan

2022-04-25