Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Gerak pada Manusia Siswa Kelas VIII SMPN 4 Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i2.51669Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fakta di lapangan yang menunjukkan masih rendahnya hasil belajar karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar materi sistem gerak pada manusia siswa kelas VIII SMPN 4 Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment yaitu nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, di mana penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen (VIII F) dengan jumlah 32 siswa dan kelas kontrol (VIII D) dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini dengan memberikan pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil perhitungan uji independent sample t-test diperoleh thitung = 4,847 dan ttabel = 2,000 dengan taraf signifikansi 5%, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan analisis uji data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar materi sistem gerak pada manusia siswa kelas VIII SMPN 4 Tulungagung.
Referensi
Azizah, S. 2018. Implementasi Penilaian Hasil Belajar Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Berdasarkan Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 di SMPN 1 Pamekasan. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam. Vol. 15, Issue 1. doi: https://doi.org/10.19105/nuansa.v15i1.1914
Fadilah, AN. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 28 Kaur. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Firdianti, A. 2018. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Yogyakarta: Gre Publishing.
Hasanah, U., Sarjono, & Hariyadi, A. 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Tarune Kedung Adem. 2006, 43–52. doi: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.1.43-52.2021
Hidayah, KM. 2019. Pengembangan Media Komik Digital Menggunakan Pixton disertai Quiz (Kahoot) pada Konsep Sistem Gerak. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Mukaromah, H. 2021. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Materi Sistem Gerak. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan. Vol. 1, Issue 2. doi: https://e-journal.iainpalangkaraya.ac.id/index.php/mipa/
Mutawali. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V MI Nurul Islam Sekarbela Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Islam Negeri Mataram.
Mutiani. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di Kelas VIII SMP N 2 Batang Kuis Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Ningsih, SA., Rahman, NA., & Muhammad. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate pada Konsep Gerak. Jurnal Pendidikan MIPA. Vol. 4, Issue 2(37-42). doi: http://dx.doi.org/10.33387/sjk.v4i2.1393
Nurbaya, B. B. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS di MTsN 2 Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Pratiwi, SA., Rokhmat J., & Sutrio. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gerung. 107-113. doi: 10.29303/jipp.Vol3.Iss1.52
Sawab, B. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di MI Mathla’ul Anwar Sindang Sari Lampung Selatan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Shiddiq, A. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar [Universitas Muhammadiyah Pontianak]. In Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal (Vol. 5, Issue 1). https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiantari, NL., Suardana, IN., & Selamet, K. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VIII SMP. Vol. 2, Issue 1. doi: https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17219
Suryani, E. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Ciri dan Peranan Bakteri dalam Kehidupan di Kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Kependidikan. Vol. 5, Issue 2(1-7). doi: http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/325
Tanjung, S. R. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Gerak pada Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sibabangun (Vol. 4, Issue 2). Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.
Wijaya, W., Hapsari, S., Mariati, P. ., & Hamid, A. 2020. Pengaruh Model Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas VII Semester II SMP Negeri 35 Medan T.P. 2019/2020. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. Vol. 8, Issue 2. doi: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i2.18689