Identifikasi Kesiapan Mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bagi Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri di Indonesia
Kata Kunci:
Kesiapan, Guru Profesional, Pendidikan Profesi Guru (PPG)Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan mahasiswa Pendidikan Kimia untuk mengikuti program pendidikan profesi guru dalam rangka menjadi guru profesional. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Kimia dari tujuh Universitas Islam Negeri yang berjumlah 348 mahasiswa yang diperoleh melalui teknik probability sampling. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kesiapan mengikuti program Pendidikan profesi guru (PPG) yang ditinjau dari indikator kesiapan yaitu Kesehatan, minat, motivasi, lingkungan keluarga, sosial ekonomi, dan lingkungan sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berbentuk angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian kesiapan mahasiswa Pendidikan Kimia untuk mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yaitu aspek kesehatan 87,16% (sangat baik), aspek lingkungan keluarga 80,50% (sangat baik), aspek minat 78,85% (baik), aspek motivasi 76,36% (baik), aspek sosial ekonomi 75,10% (baik), dan aspek lingkungan sekolah memiliki persentase 72,53% (baik). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kesiapan mahasiswa Pendidikan Kimia untuk mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) secara umum sudah sangat baik dengan persentase sebesar 80,29%.
Referensi
Alexandro, R., Misnawati, & Wahidin. 2021. Profesi Keguruan (Menjadi Guru Profesional.Guepedia
Arianti, A. 2018. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. 2019. Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(1), 1–17.https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i1.1229
Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dasopang, M. A., & Montessori, M. 2018. Pengaruh Lingkungan dan Kebiasaan Orangtua Terhadap Perilaku dan Sikap Moral Anak. Journal of Civic Education, 1(2), 2622–237.
Farikh, A. 2015. Kesiapan Guru Madrasah Di Kota Semarang Dalam Menghadapi Pelaksanaan Ppg. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 2(1), 1. https://doi.org/10.21580/wa.v2i1.818
Firliani, Ibad, N., Nauval, & Nurhikmayati, I. 2019. Teori Thorndike dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA, 823–838.
Friantini, R. N., & Winata, R. 2019. Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870
Hidayah, N. 2018. Analisis Kesiapan Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sebagai Calon Pendidik Profesional. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 116. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2936
Indriyani, dkk. 2015. Persepsi Mahasiswa Kependidikan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Terhadap Pendidikan Profesi Guru (PPG). Jurnal Pelita, 10(1). 1–10.
Lusiana, eva. 2017. Persepsi Dan Faktor-Faktor Yang Mendorong Mahasiswa Mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru. Skripsi. Universitas Negeri Malang.
Muamar, dkk. 2017. Dampak Tunjangan Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Madaniyah, 1, 23-50.
Muhibbin, Syah. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 8 Tahun 2009 tentang Pendidikan Profesi Guru. Jakarta: Depdiknas.
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Jakarta: Depdiknas
Pratiwi. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mengikuti Pendidikan Profesi Guru Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 8(3), 251-259.
Priyono. 2016 Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama.
Ryan, R. M., & Deci, E. L,. 2000. Self-determination theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and Well-Being. American Psychologist, 55(1), 68-78. https://doi.org/10.1037//0003066X.55.1.68
Sari, D. R. C. 2018. Pengaruh Pengalaman Ppp, Lingkungan Keluarga Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3), 161–168.
Septiani & Widiyanto. 2021. Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan, Lingkungan Keluarga, dan Kesejahteraan terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 10(1), 130-144.
Sukmawati, Rika 2019. Analisis Kesiapan Mahasiswa Menjadi Calon Guru Profesional Berdasarkan Standar Kompetensi Pendidik. Jurnal Analisa. p-ISSN : 2549-5135, 5(1), 95
Syahrum, & Salim, 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Triwinarni, E. 2016. Evaluasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 3rd prosiding of interdiscpiplinary Postgraduate Student Conference, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta, Indonesia: UMY.
UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Wijaya, dkk., 2022. Analisis Kesiapan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Pada Masa New Normal di SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 5(2). 187-198.https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i2.53314
Yuniasari, T., & Djazari, M. 2017. Pengaruh Minat Menjadi Guru, Lingkungan Keluarga, Dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 Fe Uny. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17220
Zulfitri, H. 2019. Pendidikan Profesi Guru ( PPG ) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. 19, 130–136.