Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur Batu

Penulis

  • Melina Angelita Stevani Universitas Negeri Medan
  • Halim Simatupang Universitas Negeri Medan
  • Dermawati Sinaga SMP Negeri 1 Pancur Batu

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Kemampuan Kognitif, Keterampilan Proses Sains

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains materi sistem peredaran darah pada kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain Pretest and Posttest Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-4 (Kelas Eksperimen) dengan model pembelajaran PBL dan kelas VIII-7 (Kelas Kontrol) menggunakan model pembelajaran langsung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menguji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test. Data pretest dan posttest menunjukkan peningkatan kemampuan kognitif berdasarkan N-Gain. Peningkatan kemampuan kognitif kelas eksperimen yaitu 71% dan kelas kontrol yaitu 58% Data persentase akhir keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 79,94% dan 69,56%. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains pada materi sistem peredaran darah kognitif kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023.

Referensi

Afiyanti, N., Khaeruddin., Ngandoh, S, T. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. Profesi Kependidikan, 2(2), 163-174.

Arends, R. I. 2012. Learning To Teach, Ninth Edition. New York: Mc Graw Hill.

Bilodi, A. K. 2019. Problem Based Learning. International Journal Of Scientific Research, 8(9): 57-58.

Damopolii, I., Yohanita, A., Nurdihaya, N., Murtijani, M. 2018. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Jurnal Bioedukatika, 6(1): 22-30.

Daryanto & Karim, N. 2017. Pembelajaran Abad 21.Yogyakarta: Gava Media.

Duda, H.J., & Susilo, H. 2018. Science Process Skill Development: Potential Of Practicum Through Problems Based Learning And Authentic Assessment. Anatolian Journal of Education, 3(1): 51-60.

Fajarwati, I. Problem Based Learning (PBL) to Improve Critical Thinking Skills. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 3, No. 3, pp. 2238-2243).

Fajriati, I., Mustami, M., Aziz, A. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Dipadukan Jurnal Belajar Terhadap Kemampuan Metakognisi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah. Tesis, Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Fitriana, Kurniawati, Y., & Utami, L. 2019. Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory. Jurnal Tadris Kimia, 4(2), 226-236.

Hardiansyah, H., Ismail, I., & Rahman, Y. 2021. Efektivitas Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VII. Jurnal Profesi Kependidikan, 2(2), 113-123.

Jamil, S. 2013. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Ar-Ruzz Media: Yogjakarta.

Kamdi. 2007. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kemdikbud. 2014. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud. 2019. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Kemdikbud.go.id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas. Diakses pada tanggal 09 Juni 2022.

Kurt, U., & Sezek, F. 2021. Investigation of the Effect of Different Teaching Methods on Students’ Engagement and Scientific Process Skills. International Journal of Progressive Education, 17(3): 86-101.

Lestari, S. A., Supriadi, B., & Harijanto, A. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai PHET Simulation Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Di Sma Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(1), 34-40.

Liandari, E., Siahaan, P., Kaniawati, I., & Isnaini, I. Upaya Meningkatkan Kemampuan Merumuskan Dan Menguji Hipotesis Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Dengan Metode Praktikum. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1), 50-55.

Mashudi. 2013. Desain Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konstruktivisme. STAIN Tulungagung Press: Tulungagung.

Nurlinda, N. 2019. Penerapan Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Ekonomi. Niagawan, 8(1), 10-15.

Pantiwati, Y., & Nyono, N. 2020. Asesmen Autentik dalam Kegiatan Praktik Pembelajaran Sains. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.

Rahma, D. M., Supriadi, B., & Handayani, R. D. 2020. Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Siswa Kelas XI Pada Materi Medan Magnet. Webinar Pendidikan Fisika 2020. 5(1), 22-26.

Rustan, N. A., Winarni, R., & Yamtinah, S. 2020. Review Journal Problem Based Learning Model On Science Procces Skill Based On Learning Motivation. International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), 4(3): 309-314.

Sari, I. K. W. & Wulandari, R. 2020. Analisis kemampuan kognitif dalam pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 145-152.

Saleh, S. Y., Muhiddin, N. H., & Rusli, M. A. 2020. Studi Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Makassar. Jurnal IPA Terpadu, 3(2), 75-86.

Silitonga, P.M. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Medan: In FMIPA Universitas Negeri Medan.

Sutrisna, N., & Sasmita, P. R. 2022. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 5(2), 34-39.

Wicaksono, R. S., & Susilo, H. 2019. Implementation of Problem Based Learning Combined With Think Pair Share In Enhancing Students’ Scientific Literacy and Communication Skill Through Teaching Biology in English Course Peerteaching. In Journal of Physics: Conference Series (pp. 005-012). Semarang: IOP Publishing.

Yuliati, Y. 2016. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 71-83.

Diterbitkan

2023-04-30