Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid

Penulis

  • Muhammad Badrul Uyun Universitas Negeri Surabaya
  • Emy Hermynyawaty Universitas Negeri Surabaya
  • Achmad Lutfi Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Rasa Ingin Tahu, Project Based Learning, Sistem Koloid

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan rasa ingin tahu peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Manyar Gresik melalui model pembelajaran Project Based Learning untuk materi Sistem Koloid. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 28 peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Manyar Gresik di tahun 2023 dengan permasalahan rasa ingin tahu peserta didik yang rendah. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dan angket rasa ingin tahu peserta didik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pada siklus I diperoleh persentase keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dengan kategori sangat baik sebanyak 89,80% dan persentase rasa ingin tahu peserta didik dengan berdasarkan aspek Discover kategori efektif 66,43%, Explorer kategori efektif 66,07%, Adventurous efektif sebesar 68,93%, dan Information Gap efektif 69,64%, (2) Pada siklus II diperoleh persentase keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dengan kategori sangat baik sebanyak 94,44% dan persentase rasa ingin tahu peserta didik dengan berdasarkan aspek Discover kategori efektif 81,79%, Explorer kategori efektif 81,07%, Adventurous efektif sebesar 82,14%, dan Information Gap efektif 80,71%,. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rasa ingin tahu peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Manyar pada materi Sistem Koloid dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Project Based Learning.

Referensi

Afriani, L. 2017. Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Dan Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas IV SDN Neglasari 4 Kota Bandung Tahun Ajaran 2017/2018) (Doctoral dissertation, FKIP Unpas).

Ameliah, I. H. 2016. Pengaruh keingintahuan dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika kelas VII MTs Negeri I Kota Cirebon. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1).

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. 2021. Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.

Dinantika, H. K. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Energi Terbarukan.

Fathurrohman. 2016. Implementasi pendidikan karakter kemandirian di Muhammadiyah Boarding School. Jurnal Cakrawala.

Fathurrohman, M. 2015. Model-model pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz media.

Fauzi et.al. 2017. Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS 2(2): 27-36.

Gustiansyah, K., Sholihah, N. M., & Sobri, W. 2020. Pentingnya Penyusunan RPP untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Mengajar di Kelas. Idarotuna: Journal of Administrative Science, 1(2), 81-94.

Hadid, A., & Aziz, A. 2023. Pengembangan Kurikulum sebagai Tugas Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 9142-9147.

Hildayani, R., Sugianto, M., Tarigan, R., & Handayani, E. 2014. Psikologi perkembangan anak. Universitas Terbuka, Jakarta, pp. 1-34. ISBN 9789790117495

Jatmiko, D., Rusmawan, R., & Hananingrum, K. J. 2023. Peningkatan Prestasi Belajar Dengan Model Problem Based Learning Materi Skala pada Siswa Kelas V. Paedagogie, 18(1), 1-8.

Lesilolo, H. J. 2018. Penerapan teori belajar sosial albert bandura dalam proses belajar mengajar di sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186-202.

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. 2016. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 672-688.

Putri, N.A. 2011. Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter melalui Mata pelajaran Sosiologi. Komunitas 3 (2):201-215.

Raharja, S., Wibhawa, M. R., & Lukas, S. 2018. Mengukur Rasa Ingin Tahu Siswa [Measuring Students Curiosity]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(2), 151-164.

Simarmata, H. D. 2018. Pendidikan karakter melalui metode refleksi. Jurnal Pendidikan Penabur, 17(13).

Siswoyo, D. 2013. Pandangan Bung Karno tentang Pancasila dan Pendidikan. Cakrawala Pendidikan, 32(1) : 103-115.

Siregar, N., & Nara, H. 2015. Belajar dan pembelajaran. Penerbit Ghalia Indonesia.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. 2022. Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Suyanto. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Wandansari, S. A. 2021. Studi curiosity, epistemic curiosity, dan keberhasilan belajar dalam konteks akademik. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 140-148

Wibowo, W. S. 2014. Implementasi model project-based learning (pjbl) dalam pembelajaran sains untuk membangun 4cs skills peserta didik sebagai bekal dalam menghadapi tantangan abad 21. In Seminar Nasional Ipa V (pp. 275-286).

Yeni, Y., Sadyana, I. W., & Hermawan, G. S. 2020. Implementasi Model-Model Information Gap dalam Pembelajaran Kaiwa berbasis Daring. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 6(3), 324-328.

Zubaidah, S. 2016. Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17)

Diterbitkan

2023-11-07