Pengembangan Video Pembelajaran menggunakan Sparkol Videoscribe pada Materi Pencemaran Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsi.v7i1.73340Kata Kunci:
video pembelajaran, sparkol videoscribe, materi pencemaran lingkunganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan video pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe pada materi pencemaran lingkungan. Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah validator yang memberi respon terhadap penggunaan media. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi lapangan dan instrumen berupa lembar validasi media. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Penelitian ini menghasilkan sebuah video pembelajaran sparkol videoscribe. Teknik analisis data menggunakan analisis validasi Aiken’s V dan reliabilitas menggunakan intraclass correlation coefficients. Hasil validasi video pembelajaran diperoleh Vhitung Aiken’s 0,80 sama dengan kriteria kevalidan minimum Vtabel Aiken’s yaitu 0,80 dengan kategori valid dan tingkat reliabilitas diperoleh rhitung 0,773 > rtabel 0,514 sehingga dapat dikategorikan baik. Dengan demikian, media yang dikembangkan valid dan reliabel, sehingga media ini dapat diuji coba lebih lanjut.
Referensi
Al Munawarah, R. 2019. Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430–437. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/12412
Arifin, J. 2017. SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Gramedia.
Hasbullah, H., Hidayat, S., & Asmawati, L. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Video Scribe Materi Banjir Bukan Sekedar Bencana Alam Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7544–7555. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3575
Inglis, P., & Bird, S. P. 2016. Reactive agility tests : Review and practica applications . October.
Ismunarti, D. H., Zainuri, M., Sugianto, D. N., & Saputra, S. W. 2020. Pengujian Reliabilitas Instrumen Terhadap Variabel Kontinu Untuk Pengukuran. 9(1), 1–8. https://doi.org/10.14710/buloma.v9i1.23924
Koo, & Li. 2016. Erratum to “ A Guideline of Selecting and Reporting Intraclass Correlation Coefficients for Reliability Research .” Elsevier, 15(2), 3707. https://doi.org/10.1016/j.jcm.2017.10.001
Mutmaimunah, F, Z. N., & Satriani. 2022. Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Video Scribe dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD Kelas Awal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5933–5945. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2903
Nasution, S. 2022. Journal of Pedagogy and Online Learning. Journal of Pedagogy and Online Learning, 1(3), 1–8.
Rina, & Nova. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbantuan Sparkol Videoscribe pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI IPA SMAN 1 RAMBATAN. 8.5.2017, 2003–2005. https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/NeA5gsyteBVFDPWAKF1eB6c4JHSNdsAy.pdf
Rusmayadi, R. 2019. Pengembangan pembelajaran anak usia dini berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar ISBN: 978-602-555-459-9, 218–222.
Silmi, M. Q., & Rachmadyanti, P. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan Ri Sd Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 06(04), 486–495.
Sudjana, N., & Rivai, A. 2020. Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Remaja Rosdakarya.
Tekege, M. 2017. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1), 40–52.
Triyani, I., Nulhakim, L. & Berlian, L. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Tema Pertumbuhan si Hijau yang Berorientasi pada Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII. PENDIPA Journal of Science 6(1), 269–277.
Utariyanti, I. F. Z., Wahyuni, S., & Zaenab, S. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Dalam Materi Sistem Pernapasan Pada Siswa Kelas VIII MTS Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia 1(3), 2442–3750.
Wulandari, A., Ningsih, K., Belajar, M., Belajar, H., Tanjungpura, U., & Tanjungpura, U. 2023. Meningkatkan Minat Belajar IPA melalui Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching ( CRT ) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia 6, 130–142.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Afandi, Eko Sri Wahyuni, Raden Lazuardi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.