Self-Efficacy: Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa Pesisir
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsi.v7i1.73347Kata Kunci:
self efficacy, hasil belajar, siswa pesisirAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karakteristik siswa di salah satu SMP negeri di kecamatan Kamal yang mayoritas tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat pesisir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-efficacy siswa pesisir dengan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini penelitian ex post facto dengan menggunakan metode korelasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan purposive sampling sebanyak 64 siswa pesisir kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan angket self-efficacy dan nilai rapor siswa. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata tingkat self-efficacy siswa sebesar 47% dengan kategori sedang dan hasil belajar siswa sebesar 82% dengan kategori sedang. Berdasarkan uji hopotesis yang dilakukan diketahui bahwa terdapat hubungan positif antara self-efficacy dengan hasil belajar IPA, dengan nilai sig sbesar 0,000 < 0,05 dan nilai r hitung = 0,435 > r tabel = 0,242. Self-efficacy berpengaruh sebesar 18,9% terhadap hasil belajar IPA dan 81,1% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Harapannya, melalui artikel ini, dapat memberikan informasi dan acuan untuk penelitian selanjutnya yang khususnya mengkaji self-efficacy siswa pesisir.
Referensi
Abdullah, S.M. 2019. ‘Social Cognitive Theory : A Bandura Thought Review published in 1982-2012’, PSIKODIMENSIA, 18(1), pp. 85–100. Available at: https://doi.org/10.24167/psidim.v18i1.1708.
Amaliyah, M., Suardana, I.N. dan Selamet, K. 2021. ‘Analisis Kesulitan Belajar dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 4(1), pp. 90–101.
Bayu, Y., & Rahmadina, A. 2020. Peran Orang Tua dalam Menanamkan Nilai Karakter Kearifan Lokal Pada Masyarakat Pesisir. Edukasi, 14(2), 145–150. https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i2.26821
Fadila, N.A. dan Khoirunnisa, R.N. 2021. ‘Hubungan Self-efficacy dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi pada Masa Pandemi COVID-19’, Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), pp. 189–198.
Fitriani, R. N., & Pujiastuti, H. 2021. Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2793–2801.
Indirwan, Suarni, W., & Priyatmo, D. 2021. Pentingnya Self-Efficacy terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Sublimasi, 2(1), 61–70.
Jufrida et al. 2019. ‘Analisis Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA dan Literasi Sains’, Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), pp. 31–38.
Ningsih, W.F. dan Hayati, I.R. 2020. ‘Dampak Efikasi Diri terhadap Proses & Hasil Belajar Matematika’, Journal on Teacher Education, 1(2), pp. 26–32.
Rizkillah, R., Hastuti, D., & Defina, D. 2023. Pengaruh Karakteristik Remaja dan Keluarga, serta Gaya Pengasuhan Orang Tua terhadap Kualitas Hidup Remaja di Wilayah Pesisir. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 16(1), 37–49. https://doi.org/10.24156/jikk.2023.16.1.37
Rohmah, M. 2022. ‘Penggunaan Media Google Classroom Berbantu Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Kemagnetan Siswa SMP’, Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), pp. 16–26.
Sari, D. P., Yana, Y., & Wulandari, A. 2021. Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.872
Sukandar et al. 2016. Profil Desa Pesisir. Surabaya: Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur.
Syarif, A., Ahmad, E. S., & Fauziah, K. 2023. Hubungan Antara Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di MIS Amaliyah Cibinong. Jurnal Pendidikam Dan Agama Islam, 22(1), 147–162. https://doi.org/10.17467/mk.v22i1.2181
Torere, W., Goni, S.Y.V.I. dan Waani, F.J. 2019. ‘Peran Ganda Istri Nelayan pada Masyarakat Pesisir di Desa Kima Baju Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara’, Journal of Social and Culture, 12(4).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jakfar Sodik, 'Azhar Husnun Mawaddah, Maria Chandra Sutarja
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.