Analisis Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsi.v7i1.75076Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Keterampilan Proses Sains, STADAbstrak
Model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division pada keterampilan proses sains peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, motivasi dan kerjasama dalam kelompok, memudahkan pemecahan masalah baik dalam pembelajaran sains maupun sosial. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterampilan proses sains peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division materi struktur dan fungsi tumbuhan. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Muaradua Kisam sebanyak 98 orang. Sampel penelitian VIII.1 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 50 peserta didik.Teknik sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian berupa uji normalitas dengan uji shapiro-wilk, uji homogenitas, uji hipotesis dengan uji independent t test, serta uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkat secara signifikan terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi struktur dan fungsi tumbuhan dibuktikan dengan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi struktur dan fungsi tumbuhan.
Referensi
Adnyana, E. M. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 496–505. https://doi.org/10.5281/zenodo.4286979
Anisah, S., Subiki, S., & Supriadi, B. 2018. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Edukasi, 5(1), 5−8. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.7582
Ariani, T., & Agustini, D. 2018. Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Science and Physics Education Journal, 1(2), 65–77. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.271
Darlis, A., Sinaga, A. I., Perkasyah, M. F., Sersanawawi, L., & Rahmah, I. 2022. Pendidikan Berbasis Merdeka Belajar. Journal Analytica Islamica, 11(2), 393−401. https://doi.org/10.30829/jai.v11i2.14101
Darmayanti, N. W. S., & Setiawati, N. W. I. 2022. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VI di SD N 1 Cempaga. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 5(2), 119–127. https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i2.52638
Fajrina, S., Nulhakim, L., & Taufik, A. N. 2021. Pengembangan Instrumen Performance Assessment Praktikum untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMP Kelas VIII pada Tema Makananku Kesehatanku. Journal of Science Education, 6(1), 105–112. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.105-112
Fitriani, R., Maryani, S., Chen, D., Aldila, F. T., Br.Ginting, A. A., Sehab, N. H., & Wulandari, M. 2021. Mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Kegiatan Praktikum Viskositas di SMAN 1 Muaro Jambi. Journal of Science Education, 5(2), 173–179. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.173-179
Ika P. D., Kamilasari, Nur W., Nuri, D., & Supeno. 2019. Analisis Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran Ipa Materi Suhu Dan Kalor Dengan Model Problem Based Learning Di Smp Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 269–274.
Iryani, D., Yani, A. T., Negeri, S., Atap Embaloh Hilir, S., & Hulu, K. 2022. Analisis Kemampuan Interpretasi Peserta Didik SMP Pada Materi Perbandingan. Journal of Educational Review and Research, 5(1), 1–9.
Jafar, A. F. 2021. Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Journal of Islamic Education, 3(2), 190−199. https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.23748
Julianto, T., & Kartikaningrum, R. 2020. Strategi Peningkatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Desain Pembelajaran Aktif Berbasis Group Investigation Skills. Seminar Nasional LPPM, 2, 168–174.
Khairunnisa, K., Ita, I., & Istiqamah, I. 2020. Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Tadris Biologi pada Mata Kuliah Biologi Umum. Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 58−65. https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.7858
Lamanepa, G. H., & Panis, I. C. 2018. Peningkatan Kemampuan Bertanya dan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA dalam Pembelajaran Fisika Melalui Problem Based Learning. Jurnal EduMatSains, 3(1), 99–110. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains/article/view/783
Liandari, E., Siahaan, P., & Kaniawati, I. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Merumuskan dan Menguji Hipotesis Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Dengan Metode Praktikum. Jurnal wahana pendidikan fisika, 2(1), 50–55.
Masruhah, G. D., Rusdianto, R., & Wahyuni, S. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Susunan Artikel Pendidikan, 7(1). 169−177. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.12935
Muslim, I., Salempa, P., & Husain, H. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 14 Makassar (Studi pada Materi Pokok Larutan Asam Basa). Jurnal Ilmiah dan Pendidikan Kimia, 18(1), 65–77.
Nensy, N. 2019. Analisis Keterampilan Proses Sains siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjungpinang. Pedagogi Hayati, 3(2), 19–23. https://doi.org/10.31629/ph.v3i2.1417
Iqbalia, Farhana. 2010. Analisis Keterampilan Proses Sains pada Model Pembelajaran POE pada Materi Asam Basa. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Syarif Hidayatullah.
Pritasari, O. K., & Wilujeng, B. Y. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Journal of Vocational and Technical Education, 2(1), 14–18. https://doi.org/10.26740/jvte.v2n1.p14-18
Putri, N., R. 2023. Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Palembang.
Ramafrizal, Y., & Julia, T. 2018. Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(2).133−145. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i2.1049
Robiatul, L., Setiono, S., & Suhendar, S. 2020. Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Ekosistem. Biodik, 6(4), 519–525. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.10295
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Santiawati, S., Yasir, M., Hidayati, Y., & Hadi, W. P. 2022. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Negeri 2 Burneh. Natural Science Education Research, 4(3), 222–230. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8435
Suardiana, I. M. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(3), 176–186. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.34677
Syafi’ah, R., Laili, A. M., & Prisningtyas, N. V. 2022. Analisis Komponen Keterampilan Proses Sains Pada Buku Ajar Ipa Kelas Ix. Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 87–96. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.230
Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno, S. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344−350. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450
Wulandari, I. 2022. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754
Yuanita. 2018. Analisis keterampilan proses sains melalui praktikum IPA materi bagian-bagian bunga dan biji. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 6(1), 27–35.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Diah Nawang Wulan, Kurratul Aini, Amin Nurokhman
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.