Analisis Kesulitan Belajar IPA Siswa pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari

Penulis

  • I Gusti Ayu Agung Intan Widyanti Putri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Mitha Priyanka Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Prima Juniartina Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v7i1.77736

Kata Kunci:

kesulitan belajar, usaha dan pesawat sederhana, IPA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan kesulitan belajar IPA dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar IPA siswa pada materi usaha dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari di SMP Negeri 4 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 1 orang guru IPA kelas VIII dan 62 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja. Objek penelitian ini adalah kesulitan belajar siswa dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi usaha dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, kuesioner, dan wawancara. Metode analisis data pada penelitian ini adalah dengan statistik deskriptif untuk menganalisis kesulitan belajar siswa, sedangkan analisis data faktor penyebab kesulitan belajar dilakukan dengan deskriptif kualitatif, serta melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sebanyak 32 siswa dengan persentase 51,61% terindikasi mengalami kesulitan belajar dengan kategori tinggi. Materi usaha dan pesawat sederhana dibagi beberapa indikator, indikator yang masuk kategori sulit adalah indikator menghitung jumlah katrol yang digunakan mengangkat beban pada katrol majemuk (68,95%) dan indikator menghitung keuntungan mekanis pesawat sederhana (63,71%), dengan bentuk kesulitan antara lain pemahaman konsep, penerapan rumus, literasi, penulisan simbol, dan kemampuan matematis; (2) faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar yang paling tinggi adalah dari faktor internal yaitu aspek intelegensi dengan rata-rata skor (3,15) dan minat dengan rata-rata skor (3,04), sedangkan dari faktor eksternal yaitu aspek lingkungan sekolah dengan rata-rata skor (5,33). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa SMP Negeri 4 Singaraja mengalami kesulitan belajar IPA khususnya pada materi usaha dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Referensi

Akhmad, N. A. 2019. PROSES PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BARRU. Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 2(2), 60-63.

Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. 2021. Analisis Kesulitan Belajar dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 4(1), 90-101.

Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. 2022. Perubahan Keputusan Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Haqiqi, A. K. 2018. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1), 37-43.

Hidayat, R. & Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI)

Kallesta, K. S., Yahya, F., & Erfan, M. 2018. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Fisika pada Materi Bunyi Kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Badas Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika dan Teknologi, 1(1), 51-57.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Hasil PISA Indonesia. Tersedia pada https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas. Diakses pada tanggal 27 Desember 2022.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Laporan Hasil Ujian Nasional. Tersedia pada https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_wilayah!99&99&999!T&T&T&T&1&!1!&. Diakses pada tanggal 27 Desember 2022.

Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. 2021. Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087-5099.

Marlina, M. 2019. Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta: Prenamedia Group

Martiningsih, I., Lisdiana, & Susilowati, S. M. E. 2019. Development of Module Based on Scientific Contextual Additives Material to Increase Learning Outcomes and Science Process Skills in Junior High School. Journal of Innovative Science Education, 8(2), 128-137.

Nirmala, S. D. 2022. Problematika Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 393-402.

Purnomo, A. 2019. Pemanfaatan Komponen Instrumen Terpadu IPA Sekolah Dasar Negeri Terakreditasi A. Jurnal Kontekstual, 1(1), 7-17.

Putri, S. E., Firdaus, M & Angraeni. L. 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Tekanan di Kelas VIII MTs. Al-Husna Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA), 1(1), 39-46.

Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. 2018. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 2(2), 201-212

Suryani, E., Amir, A., Nurfathurrahmah, N., Azmin N., & Hartati, H. 2021. Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kota Bima Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 23-27.

Ulpa, F., Maharani S. A., Marifah, S., & Ratnaningsih, N. 2021. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67-80.

Wahyuni. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VII SMP Negeri 4 Terbanggi Besar. Jurnal Sains dan Teknologi, 1(1), 19-26.

Yunarti, N. 2021. Analisa Kesulitan dalam Pembelajaran IPA pada Siswa SMP Negeri 1 Rambang. Jurnal Education, 7(4), 1745-1749

Diterbitkan

2024-04-30