PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEORI PENGELASAN SHIELD METAL ARC WELDING (SMAW) DI KELAS XI TP LAS SMK NEGERI 3SINGARAJA TAHUN AJARAN 2018/2019

Authors

  • Muhammad Noval Fajriyanto Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Rihendra Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Pasek Nugraha Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjtm.v7i1.18752

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengelasan SMAW Di kelas XI TPLas di SMK Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan desain One-shoot Case Study. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 34 orang kelas XI TP Las sebagai kelas eksperimen. Setelah pemberian perlakuan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Tutor Sebaya, siswa diberikan tes berupa tes objektif yang sebelumnya sudah dilakukan uji validitas isi, validitas butir, tingkat kesukaran, daya beda dan reliabilitas. Setelah didapatkan data, kemudian dilakukan analisis menggunakan uji-t satu pihak. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar Teori pengelasan SMAW siswa kelas XI TPLas I di SMK Negeri 3 Singaraja. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji-t dengan t-hitung =37,96, dk= n-1 =33, dan taraf signifikan 5% didapat t tabel=2,0345. Dengan demikian t_tabel < t_hitung, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima dan berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar Teori pengelasan SMAW siswa kelas XI TP Las I di SMK Negeri 3 Singaraja Tahun Aaran 2018/2019.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, Hasil Belajar, One-shoot Case study.

This study aimed in investigating the effect of pair to pair method towards the students' achievement in SMAW welding material in grade XI students of SMK Negeri 3 Singaraja. The method used in thia study is one shoot case study. This study used random sampling method. There were 34 studens grade XI TP Las I as experimenting class. After giving the treatment using pair to pair method, the students were given the test in the form of objective test which has been validated in terms of essence validation, grain validation, the stage of difficulty, effort difference, and reliability. After the data were gathered, then those were analized by using one side t-test. The result shows the pair to pair method gives significant effect towards the students' achievements. This can be seen from the resultnof the t-test with t-count= 37.96 dk= n-1= 33 with the significant degree =5% t-table gained =2.0345. Then t- count is higher than t-table, so that H0 is rejected and H1 is accepted, which means there is a significant effect from pair to pair method towards the students' achievements of grade XI students of SMK Negeri 3 Singaraja
keyword : Pair to pair, Students' Achievements, One shoot case study

Published

2019-09-04

Issue

Section

Articles