IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHASIS SISWA KELAS XI TBSM DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Authors

  • Putu Surya Pradana Universitas Pendidikan Ganesha
  • L.J.E. Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Pasek Nugraha Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptm.v7i2.26494

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI TBSM SMK Negeri 3 Singaraja antara kelompk siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media berbasis macromedia flash dengan kelompok siswa yang menggunakan media powerpoint. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TBSM di SMK Negeri 3 Singaraja. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI TBSM 1 dan siswa kelas XI TBSM 2, yang ditentukan dengan teknik total sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 64 orang siswa. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes hasil belajar chasis. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar chasis antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan macromedia flash dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan media powerpoint. Rata-rata skor hasil belajar chasis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran macromedia flash adalah 26,00 sedangkan menggunakan media powerpint 18,71. Berdasarkan hal tersebut dapat dijelaskan bahwa media pembelajaran macromedia flash berpengaruh terhadap hasil belajar chasis siswa.

 Kata-kata kunci: macromedia flash, hasil belajar

This study aims to determine the differences in learning outcomes of students of class XI TBSM 3 Singaraja Vocational School between groups of students who take learning using macromedia flash-based media and groups of students who use powerpoint media. The population of this research is the students of class XI TBSM at SMK Negeri 3 Singaraja. The samples of this study were students of class XI TBSM 1 and students of class XI TBSM 2, which were determined by total sampling technique. The number of samples used in this study were 64 students. The instrument in this study was the chassis learning achievement test. The data obtained were analyzed using an independent sample t test. The results showed that the value of Sig. (2-tailed) of 0,000 <0.05. This shows that H0 is rejected and H1 is accepted so it can be said that there are differences in chassis learning outcomes between groups of students who are taught with macromedia flash and groups of students who are taught with powerpoint media. The average score of student learning outcomes for students who took part in learning to use macromedia flash learning media was 26.00 while using powerpint media 18.71. Based on this, it can be explained that Macromedia Flash learning media has an effect on student learning outcomes.

 Key words: macromedia flash, learning outcomes

Downloads

Published

2019-08-10

Issue

Section

Articles