PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMELIHARAAN LISTRIK SEPEDA MOTOR BERBASIS FLASH UNTUK SISWA XI TEKNIK BISNIS SEPEDA MOTOR(TBSM)

Authors

  • I. K. Ardi Guna Universitas Pendidikan Ganesha
  • L.J.E. Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.N Pasek Nugraha Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptm.v7i3.26511

Abstract

Tujuan dari dilakukan penelitian ini yaitu, 1) untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan flash. 2) untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran dengan menggunakan flash. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu tahap Analysis (analisis), Design (desain/perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (implementasi/eksekusi), dan Evaluation (evaluasi/umpan balik). Hasil penelitian ini adalah, 1) Media pembelajaran Berbasis flash telah dikembangkan dan diuji validitas kelayakannya. 2) hasil uji dari ahli materi sebesar 94,67% yang masuk pada kriteria sangat layak, hasil uji ahli media sebesar 82.67% dengan kriteria sangat layak, hasil dari uji coba kelompok kecil sebesar 92% yang masuk pada kriteria sangat layak, dan dari uji coba kelompok besar sebesar 93,73% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil yang didapat, media pembelajaran berbasis flash ini sangat layak dari segi materi dan media serta dari tanggapan siswa, sehingga media ini secara keseluruhan sangat layak digunakan untuk kegiatan belajar mata pelajaran pemeliharaan listrik sepeda motor materi sistem penerangan untuk siswa SMK Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Adobe Flash Professional  CS6, sistem penerangan pada sepeda motor

 

The purpose of this research is, 1) to determine the development of learning media by using flash. 2) to determine the level of learning media feasibility by using flash. This study uses a type of research Research and Development (R&D), with the ADDIE development model consisting of 5 stages, Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The results of this research 1) Learning media on flash-based has been developed and tested. 2) The results by Material experts of 94.67% be included very feasible qualifications, the results by Media experts of 82.67% with very feasible qualifications, the results from a small group trial of 92% so it has very feasible qualifications, and large group trials got 93.73% with very feasible qualifications. Based on the results obtained, learning media on flash-based is very feasible in terms of material and media as well as from student responses so that this media as a whole is very feasible to use for learning activities electric motorcycle maintenance on lighting system lesson for high school students in motorcycle business engineering.

 

Key words: Learning media, Adobe Flash Professional CS6, lighting system on motorcycle.

Downloads

Published

2020-07-10

Issue

Section

Articles