Pengaruh Variasi Penyetelan Katup Terhadap Putaran Pada Engine Stand Motor Bensin

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptm.v8i2.26637

Abstract

Pada mesin 4 langkah terdapat sistim mekanisme katup masuk dan katup buang, tujuannya untuk pengaturan pemasukan campuran bahan bakar dengan udara dan pengaturan pengeluaran gas bekas pembakaran. Pada mekanisme katup ini diberi celah katup atau jarak diujung batang katup masuk dan katup buang tujuanya untuk mencegah pemuaian diwaktu mesin bekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari dan menganalisa variasi celah katup masuk dan celah katup buang terhadap performa motor bensin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan dan eksperimen. Studi Pustaka dilakukan untuk mempelajari data sekunder dari referensi yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Sementara metode eksperimen dilakukan untuk mengetahui pengaruh variasi penyetelan katup terhadap putaran mesin. Pengujian dilakukan untuk posisi throttle standar (2,24 cm), posisi throttle sedang (2,11 cm) dan posisi throttle tinggi (1,82). Pengukuran putaran mesin dilakukan untuk katup 0,2 mm, 0,25 mm, dan 0,3 mm dengan 5 kali pengulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi posisi throttle (1,82 cm) dengan celah katup yang diperbesar maka semakin naik putaran yang dihasilkan. Sebaliknya dengan posisi throttle yang standar (2,24 cm) dengan celah katup yang standar akan menghasilkan putaran yang lebih lambat.

 

Kata kunci: engine; katup; motor bensin.

 

Daftar Rujukan

Arimbawa, I. K. S., Nugraha, I. N. P., & Dantes, K. R. (2019). Analisis pengaruh campuran bahan bakar pertalite dengan naphthalene terhadap konsumsi bahan bakar, torsi dan daya pada sepeda motor 4 langkah. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha7(1), 1-6.

Barenschot BPM, Arensd H. (1997). Motor bensin. Jakarta: Erlangga

Jatnika, D., & Sujana, S. (2018). Pengaruh penyetelan celah katup terhadap kinerja mesin sepeda 4 langkah 100 cc. Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala13(2), 15-22.

Majedi, F., & Puspitasari, I. (2017). Optimasi daya dan torsi pada motor 4 tak dengan modifikasi crankshaft dan porting pada cylinder head. JTT (Jurnal Teknologi Terpadu)5(1), 82-89.

Pakpahan, Abigain, (1999). Motor Otomotif 1. Bandung

Rahman, M. D., Wigraha, N. A., & Widayana, G. (2019). Pengaruh ukuran katup terhadap torsi dan daya pada sepeda motor honda supra fit. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha5(3).

Sarjono, S., & Saputro, D. W. (2016). Pengaruh perubahan celah katup hisap dan katup buang terhadap performance motor jupiter z 2004 menggunakan bahan bakar biopremium e10. Wahana Ilmuwan1(1).

Sianturi, T. A. (2018). Pengaruh variasi kerenggangan celah platina terhadap komsumsi bahan bakar pada engine stand 7k 1800 cc. Jurnal Ilmiah Research Sains Vol, 4(1).

Sucahyo, Bagyo. Darmanto, Soemarsono. (1999). Otomotif Mesin Tenaga. SOLO: Tiga Serangkai

Surbhati BM, Koesnadi. (1977). Motor Bakar 1. Penerbit Departemen Pendidikan     dan Kebudayaan

Sutrisno, S., & Hidayat, T. (2018). Karakteristik sifat mekanik dan struktur mikro valve (katup) sepeda motor roda dua tipe ori dan tipe kw. Journal of Mechanical Engineering2(1), 29-36.

VAN HARLING, V. I. N. A. (2018). pengaruh jumlah katalisator pada hydrocarbon crack system (hcs) dan jenis busi terhadap daya mesin sepeda motor honda supra x 125. Jurnal Voering3(1), 5-18.

Van Harling, V. N. (2019). Pengaruh variasi campuran bahan bakar solar dan minyak kelapa sawit terhadap putaran motor diesel tipe rino 115ps. Soscied, 2(1), 26-34.

Wijayanti, F., & Irwan, D. (2014). Analisis pengaruh bentuk permukaan piston terhadap kinerja motor bensin. Jurnal ilmiah teknik mesin unisma" 45" Bekasi2(1), 98156.

Yahya, W. (2016). Pengaruh variasi celah katup dan busi terhadap konsumsi bahan bakar pertalite pada mesin bensin 4 tak. Jurnal sainstech3(6), 58-61.

Downloads

Published

2020-08-01

Issue

Section

Articles