Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Otomotif Siswa Kelas X TKRO SMK

I Komang Adi Suandika, I Nyoman Pasek Nugraha, L.J.E. Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan keaktifan belajar pekerjaan dasar otomotif antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (2) perbedaan hasil belajar pekerjaan dasar otomotif antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (3) perbedaan keaktifan dan hasil belajar pekerjaan dasar otomotif secara simultan antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif pada mata pelajaran pekerjaan dasar otomotif, siswa kelas X TKRO di SMK Negeri 1 Denpasar. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan, keaktifan dan hasil belajar siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Data dikumpulkan dengan metode observasi, dokumentasi, angket dan tes. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan MANOVA. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) rata-rata keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen (82,25), pada kelompok kontrol (73,28) (2) rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (76,81), pada kelompok kontrol (63,47).

 

Kata kunci: 1; TGT 2; Keaktifan Belajar 3; Hasil Belajar.


Daftar Rujukan

Sardiman, A.M. (2001). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Mri, S.,  Ahmadi, L.K. (2010). Proses pembelajaran kreatif dan inovatif dalam kelas : Metode, landasan teoritis-praktis penerapannya. Jakarta : PT. Prestasi Pustakarya.

Aiken. L. R. (1985). Three coeffcients for analyzing the reliability and validity of ratings. Education and Psychological Measurement. 45,131-142

Anastasi, A., Urbina, U. (1997). Psychological testing. New Jersey Prentice-Hall. Inc

Anas, S.  (2012). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Arikunto, S.  (2009). Dasar - dasar evaluasi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, S.  (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek edisi revisi. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi edisi 2. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Baharuddin. (2008). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Candiasa, I M. (2010). Statistik univariat dan bivariat disertai aplikasi SPSS. Singaraja : Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

David, W.J. (2010). Colaborative learning : Strategi pembelajaran untuk sukses bersama. Jakarta: Nusamedia.

Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Djamarah, S.B., Aswan, Z. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Eggen, dkk. (2012). Strategi dan model pembelajaran mengajarkan konten dan keterampilan berfikir. Jakarta : Indeks.

Emzir. (2012). Metodelogi penelitian pendidikan kuantitatif dan kualitatif. Bandung : Rajagrafindo Persada.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses belajar mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Isjoni. (2013). Cooperative learning efektivitas pembelajaran kelompok. Bandung  : Alfabeta.

Starani. (2011). Model pembelajaran inovatif. Medan : Media Persada.

Joyce dan Weil . (2013). Model-model pengajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kamdi. (2007). Strategi pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Koyan, I. W. (2011). Assesmen dalam pendidikan. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Koyan, I. W. (2012). Statistika pendidikan (Teknik analisis data kuantitatif) Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Lie, A. (2008). Cooperative learning: Mempraktikkan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Jakarta : Gasindo.

Martinis, Y. (2007). Kiat pembelajaran siswa. Jakarta :  Ar-Ruzza Media.

Moh. U.U. (2006). Menjadi guru profesional. Bandung :  PT. Mancama  Jaya Cemerang.

Nazir, M. (1983). Metode penelitian. Jakarta :Ghalia Indonesia.

Widiartana, P. N. (2015). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola basket pada siswa kelas XI Babud 2 SMA Negeri 1 Sawan tahun pelajaran 2014/2015.

Russefendi, E. T. (2005). Dasar-dasar peneitian pendidikan dan bidang non eksakta ainnya. Bandung : Tarsito.

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran. Depok : PT. Rajagrafindo Persada.

Rusmini, S. dkk (1995) Psikologi pendidikan. Yogyakarta : FIP-UNY.

Sanjaya, W. (2007). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Setyosari, P. (2010). Metode penelitian dan pengembanga. Jakarta : Kencana.

Shoimin, A. (2014). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media. Vol. 203.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning: Teori, riset dan praktik. Bandung : Nusa Media. Vol. 163.

Solihatin, Etin., Raharjo. (2007). Cooperative learning analisis model pembelajaran IPS. Jakarta : Bumi Aksara.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugianto. (2009). Model - model pembelajaran inovatif. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 13 Surakarta.

Sugiyono. (2004). Metodologi penelitian. Bandung :  Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D edisi revisi. Bandung : Alfabeta.

Supinah, dkk. (2010). Pembelajaran matematika di SD. Yogyakarta : PPPPTK Matematika.

Suprijono, A. (2009). Cooperative learning ; Teori dan aplikasi PAIKEM Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Swandewi, N. K., dkk (2015). Penerapan teams games tournament (TGT) berbantuan domino card untuk meningkatkan kemampuan mengingat huruf hiragana dan katakana pada siswa kelas X IIS 3 di SMA negeri 4 singaraja tahun ajaran 2014/2015.  Singaraja : e-Journal Penidikan Bahasa Jepang Undiksha. Vol : 1 No : 2.

Wendra. (2016). Penulis karya ilmiah. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Wiradarma, I. K., dkk (2015). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tornament (TGT) untuk meningktakan partisipasi aktif dan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMA negeri 1 sawan semester genap tahun pelajaran 2014/2015.

Yuniardi, D. (2015). Industri otomotif (Nasional)". Tersedia pada https://www.kompasiana.com/dewayuniardi/54f33e65745513a32b6c6d07/industri-otomotif-nasional (diakses tanggal 12 Oktober 2019).


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jptm.v8i2.27599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Do You Want To Submit Your Manuscript? Please  Register Here

If You Was Registered And Have Account Before, Please Login Here


Creative Commons License

 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha (JPTM) is published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin

Fakultas Teknik dan Kejuruan

Universitas Pendidikan Ganesha

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id