Analisis Tingkat Kelayakan Prototype Kendaraan Electric Ganesha Disabilities (E-GADIS)

Authors

  • Ida Ayu Putu Indah Komala Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Rihendra Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • Edi Elisa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptm.v10i1.43846

Abstract

Electric Ganesha Disabilities (E-Gadis) adalah sebuah produk kendaraan yang dikembangkan oleh mahasiswa Konsentrasi Otomotif Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Angkatan ke-7 Universitas Pendidikan Ganesha . Jenis Penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian R2D2. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Pengujian instrumen  dilakukan berdasarkan penilaian ahli isi dengan menggunakan Aiken yang terdiri 5 ahli, dilakukan uji coba instrumen dengan menggunakan 90 sampel. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas instrumen yang didapatkan hasil validasi isi secara keseluruhan terkategori sangat layak  dan validasi butir lapangan sebesar 0,86 dengan kriteria sangat tinggi dan instrumen keberterimaan sebesar 0,83 dengan kriteria sangat tinggi. Selanjutnya penilaian dari ahli manufaktur sebesar 89% dengan kriteria sangat layak dan ahli desain mendapat 87% dengan kriteria sangat layak, sedangkan uji coba lapangan kelompok kecil mendapat nilai persentase sebesar 90% dengan kriteria sangat praktis, uji coba kelompok besar mendapat nilai persentase sebesar 87,38% dengan kriteria sangat praktis. Hasil dari uji keberterimaan mendapat nilai persentase sebesar 87,57% dengan kriteria sangat praktis, sehingga kendaraan Electric Ganesha Disabilities (E-Gadis) dapat dikatakan layak berdasarkan hasil dari pengujian tingkat kelayakan dan dapat dilakukan penelitian lanjutan sebagai bentuk penyempurnaan dari produk Electric Ganesha Disabilities (E-Gadis) oleh peneliti selanjutnya.

 

Kata kunci : instrumen; tingkat kelayakan; tingkat keberterimaan; microsoft excel; Electric Ganesha Disabilities (E-Gadis).


Electric Ganesha Disabilities (E-Gadis) is a vehicle product developed by students of the Automotive Concentration Study Program of the 7th Generation Mechanical Engineering Education University of Ganesha Education. The type of research conducted is Research and Development (R&D) using the R2D2 research model. The analytical method used in this research is descriptive quantitative analysis method. Instrument testing was carried out based on the assessment of content experts using Aiken which consisted of 5 experts, the instrument was tested using 50 samples. Based on the results of the study, it shows that the quality of the instrument obtained from the content validation results is categorized as very feasible and the field item validation is 0.86 with very high criteria and the acceptance of the instrument is 0.83 with the highest criteria. Furthermore,  the assessment from manufacturing experts was 89% with the lowest descent criteria and design experts got 87% with very feasible criteria, while small group field trials got a percentage value of 90% with very partical criteria, large group trials got a percentage value of 87, 38% with very practical criteria. The results of the acceptan test got a percentage value of 87.57% with very practical criteria, so that the Ganesha Disabilities electric vehicle (E-Gadis) can be said to be feasible based on the results of the feasibility level test and further research can be carried out as a form of refinement of the Ganesha Disabilities electric product. (E-Gadis) by the next researcher.

 

Keywords: instrument; feasibility level; acceptability level; microsoft excel; Electric Ganesha Disabilities (E-Gadis).


DAFTAR PUSTAKA

Aiken, L. (1985). Three Coeffcient for Analyzing The Reliability and Validity of Ratings. Education and Psychological Measurement.

Anastasi, A., Urbina, U. (1997). Psychological Testing. New Jersey Prentice-Hall.Inc.

Azwar, S. (2012). Reabilitas dan Validitas (Edisi 4). Pustaka Belajar.

Candiasa. (2004). Analisis Butir Disertai Aplikasi dengan ITEMAN, BIGSTEP dan SPPS. In Buku penunjang mata kuliah psikometri. Unit Penerbitan IKIP Negeri. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=8af7Ny4AAAAJ&citation_for_view=8af7Ny4AAAAJ:1qzjygNMrQYC

Dantes, K. R. (2004). Analisa Stabilitas Arah Belok Kendaraan Tossa Hercules [Institut Teknologi Sepuluh Nopember]. http://digilib.its.ac.id/ITS-Undergraduate-3100004020800/11088

 

Sastrawan, D., G., O.,  Elisa, E., & Rihendra Dantes, K. (2021). Analisis dan Optimalisasi Aliran Fluida pada Prototype Kendaraan Ganesha Surface Water dengan Menggunakan Software Solidworks Fluid Flow Analysis And Optimization Of The Prototype Ganesha Vehicle Surface Water Using Solidworks Software. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jptm.v9i1.33122

 

Jurusan, P. :, Elektro, T., Halu, U., Kendari, O., Tenggara, S., & Putra, H. (n.d.). Perancangan Sepeda Listrik Dengan Menggunakan Motor DC Seri. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jfe/

 

Kemkominfo. (2017). Rata-rata Tiga Orang Meninggal Setiap Jam Akibat Kecelakaan Jalan. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/10368/rata-rata-tiga-orang-meninggal-setiap-jam-akibat-kecelakaan-jalan/0/artikel_gpr

 

Lestari, E. Y., Slamet, S., & Noorochmat, I. (2017). Pemenuhan Hak Bagi Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Semarang Melalui Implementasi Convention on the Rights of Persons With Disabillities (Cprd) Dalam Bidang Pendidikan. Integralistik, 1, 1–9.

 

Logho, A. (2018). Motor Listrik. 6. http://repository.untag-sby.ac.id/2554/4/Bab II.pdf

 

Pattiapon, D. R., Rikumahu, J. J., & Jamlaay, M. (2019). Penggunaan Motor Sinkron Tiga Phasa Tipe Salient Pole Sebagai Generator Sinkron. Jurnal Simetrik, 9(2), 197. https://doi.org/10.31959/js.v9i2.386

 

Prasetyo, E. (2008). Perancangan Sistem Kemudi Pada Kendaraan Roda Tiga. Mekanikal Teknis Mesin S-1 FTUP, Vol 4 No 1. http://teknik.univpancasila.ac.id/mesin/jurnal-mekanikal/index.php/12345/article/view/253

 

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. Dan R&D. Alfabeta.

 

Willis.J. (1995). A recursive, reflective Instructional design model based on constructivist-interpretivist theory. Educational Technology Publications, Inc., 35(6),523. https://www.jstor.org/stable/44428302?seq=1&cid=pdfreference#references_tab_contents

 

Wiratmaja. (2020). Kajian Peluang Pemanfaatan Bioetanol Sebagai Bahan Bakar Utama Kendaraan Masa Depan Di Indonesia. 8(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jptm.v8i1.27298

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles