Analisis Efektifitas Kerja Mesin Calender Pada Salah Satu Proses Produksi Compressed Fiber Jointing Sheet di PT Arezda Purnama Loka Bogor Menggunakan Metode OEE (Overall Equipment Effectiveness)

Authors

  • Milla Agustin Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Kebutuhan industry dalam bidang perminyakan dan gas bumi PT Arezda Purnama Loka membentuk perusahaan yang memproduksi alat-alat untuk industry perminyakan dan gas bumi. Produk  yang dihasulkan meliputi pressure vessels, extended surface tubing, sealing technology products, seamless tubes, ferrous dan nonferrous and compressed fiber jointing sheet. Produk yang di hasilkan telah teruji penggunaannya di industry industry kecil maupun besar. Industry industry tersebut diantaranya kilang-kilang minyak maupun LNG, industry pertokimia, industry kimia, dan industry automotive.

 

Berdasarkan hasil observasi penulis di PT. Arezda Purnama Loka pada bulan Maret 2021, penulis menemukan proses produksi yang cukup penting untuk bahan baku pelapisan atau pencegah terjadinya kebocoran pada komponen kendaraan, mesin perminyakan dan sebagainya. Proses produksi tersebut adalah Compressed Fiber Jointing Sheet, dalam salah satu proses produksi nya ada hal yang menarik untuk diamati yaitu proses yang menggunakan mesin calender. Dalam mengoptimalkan proses dan hasil produksi nya diperlukan adanya peningkatan efisiensi dan efektifitas kerja mesin. Maka penulis mengangkat judul Analisis Efektifitas Kerja Mesin Calender pada Salah Satu Proses Compressed Fiber Jointing Sheet di PT Arezda Purnama Loka

 

Kata kunci: Compressed Fiber Jointing Sheet, Efektivitas kerja, Mesin Calender

 

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles