Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Capcut Pada Mata Pelajaran Teknik Pengelasan Bagi Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Singaraja

Developing Audiovisual learning media using Capcut for Engineering Weldment Subjects for Eleventh Grade Students of SMK Negeri 3 Singaraja

Authors

  • I Gede Wiratmaja Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Nyoman Pasek Nugraha Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Made Agus Suardana Pinatih Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptm.v12i2.77344

Keywords:

Media Pembelajaran; Audio Visual; Teknik Pengelasan

Abstract

Penelitian pengembangan produk digital ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan prototipe dan tingkat kelayakan produk media pembelajaran audio visual berbasis CapCut pada mata pelajaran Teknik pengelasan Kelas XI SMK Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan metode 4D. Teknik pengumpulan data yang dipilih peneliti untuk memenuhi kebutuhan data adalah metode campuran (kualitatif dan kuantitatif), peneliti memilih teknik pengumpulan data seperti analisis kebutuhan siswa, angket dan penilaian Rubrik. Tingkat kelayakan media pembelajaran diperoleh berdasarkan rubrik angket ahli media pembelajaran dan ahli materi pembelajaran yang dilakukan oleh dua orang ahli media dan dua orang ahli materi. Hasil yang diperoleh adalah, total rata-rata skor yang diberikan oleh kedua ahli media adalah 99 yang berkategori sangat baik. Sedangkan rata-rata nilai yang diberikan oleh kedua ahli materi adalah 97 yang berkategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis CapCut termasuk dalam kategori media dengan tingkat kelayakan sangat baik dan dinilai relevan dengan kriteria media pembelajaran video yang baik. Selain itu, berdasarkan penilaian ahli, media yang dikembangkan dinilai layak digunakan untuk memperkaya pemahaman siswa khususnya pada mata pelajaran Teknik Pengelasan.

References

Arief S. Sadiman, dkk. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers, h.6

Budiman, Haris. (2017). Peran Teknologi Informasi dan komunikasi. Journal pdf, blogspot.https://media.neliti.com/media/publications/177430-ID-peran- teknologi-informasi-dan- komunikasi,pdf.

Merdechawaty, R., & Yunus. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Las Smaw Posisi 1g-4g Berbantuan Video Animasi Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Kalitengah Lamongan. S1 thesis. JPTM. Volume 08 Nomor 02 Tahun 2019, 104-110.

M. Basyiruddin, Asnawir. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers, 2002 h.11 Richey & Klein, J. D. (2007). Research and Development: Research Methods,Strategies, and Issues.

Rudi. (2018). Buku Ajar Teknologi Pengelasan HMKB791. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Sonawan. (2004). Pengantar Untuk Memahami Pengelasan Logam. Bandung: Alfa Beta.

Suarsana. (2017). Ilmu Teknik Mesin. Denpasar: Jurusan Teknik Mesin Universitas Udayana Denpasar.

Sudarsono, B. (2020). Pengembangan media pembelajaran pengelasan model shielded metal arc welding (SMAW) bagi siswa SMK. Jurnal Taman Vokasi, 8 2, 17–24.

Sukaini. (2013). Teknik Las Smaw. Malang: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Syah, R. H. (2020). he Impact of Covid-19 on Education in Indonesia: Schools, Skills, and Learning Processes. SALAM J Sos dan Budaya Syar-i, 7, 395.

Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, (2010) h.40

Wijaya, & Putra, B. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pengelasan Smaw Siswa Kelas Xi Di Smk Negeri 2 Klaten. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-08-31

Issue

Section

Articles