Desain dan Analisa Single-sided Regenerative Swingarm Untuk E-Scooter

Authors

  • Bimo Eko Saputra Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Indonesia
  • Harus Laksana Guntur Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptm.v12i2.83489

Keywords:

E-Scooter, Inovasi, Gerak translasi-rotasi, Regenerative Swingarm

Abstract

Pada penelitian ini, dilakukan perancangan dan simulasi Regenerative Swingarm (RSA) untuk meningkatkan efisiensi energi kendaraan listrik. RSA memanfaatkan gerakan naik-turun swingarm belakang untuk menghasilkan listrik melalui generator yang dihubungkan dengan spur gear yang dilengkapi one way clutch. Desain swingarm dibuat menggunakan SolidWorks 2020 dengan jenis single-sided, dan ada tiga variasi desain: tulang silang, tulang lurus, dan tanpa tulang. Simulasi struktural menggunakan Ansys Workbench R2 2021 menunjukkan bahwa desain tanpa tulang mengalami stress maksimum paling tinggi, mencapai 532,26 MPa dalam kondisi pembebanan statis, dan 725,52 MPa saat pengereman. Sebaliknya, desain tulang lurus memiliki stress maksimum terendah, yakni 231,83 MPa dan 307,11 MPa dalam kondisi yang sama. Total Deformation maksimum juga terbesar pada desain tanpa tulang (3.9 dalam kondisi statis dan 7.6 saat pengereman), sementara desain tulang silang memiliki Total Deformation terkecil (0.32 dan 0.085). Temuan ini menunjukkan bahwa desain dengan elemen tulang dapat mengurangi stress dan deformasi pada swingarm, menandakan keunggulan strukturalnya. Hasil ini dapat digunakan untuk memilih desain yang optimal dalam memproduksi RSA, mempertimbangkan kekuatan dan kinerja strukturalnya untuk aplikasi kendaraan listrik yang efisien secara energi.

Author Biography

Harus Laksana Guntur, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Indonesia

Prof. Dr.Eng Harus Laksana Guntur, ST, M.Eng (lahir Pasuruan, 11 Mei 1975) adalah guru besar Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Beliau memiliki bidang keahlian Teknik Mesin, khususnya Rekayasa Peredam Getaran. Beliau memiliki karya ilmiah international sebanyak 11 karya ilmiah . Prestasi beliau saat ini adalah menjadi Kaprodi Pascasarjana Teknik Mesin ITS.

References

A. Powar, H. Joshi, S. Khuley, and D. P. Yesane, International Journal of Current Engineering and Technology Analysis and Topological Optimization of Motorcycle (Ashish Powar, 2016).” [Online]. Available: http://inpressco.com/category/ijcet.

Charles, M. Close. Frederick., Desn K. Newel Jonathan C. (2002). Modeling and Analysis of Dynamic System (Third Edition). Hamilton Printing Company. USA.

Cossalter, V., Lot, R., & Maggio, F. (2004). On the braking behavior of motorcycles. SAE transactions, 1274-1280.

Dana, K. K. (2022). Perancangan Dan Pemodelan Single Side Swingarm Untuk E-Scooter Melalui Pembebanan Statis Dan Dinamis Menggunakan Metode Elemen Hingga (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Lange, J. (2015). Development of front suspension for an electric two-wheeled amphibious vehicle.

Kholil, A. (2013). Analisis Dinamika Struktur Swing Arm Sepeda Motor Jenis Suspensi Monoshock Menggunakan Metode Elemen Hingga. Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur, 1-13.

Lambourn, R., & Wesley, A. (2010). Comparison of motorcycle and car tyre/road friction.

Limpert, R. (2011). Brake design and safety. SAE international.

Liu, G. R., & Quek, S. S. (2013). The finite element method: a practical course. Butterworth-Heinemann.

Spanoudakis, P., Christenas, E., & Tsourveloudis, N. C. (2020). Design and structural analysis of a front single-sided swingarm for an electric three-wheel motorcycle. Applied Sciences, 10(17), 6063.

Sponziello, A., Frendo, F., & Guiggiani, M. (2009). Stability analysis of a three-wheeled motorcycle. SAE International Journal of Engines, 1(1), 1396-1401.

Tang, X., Lin, T., & Zuo, L. (2013). Design and optimization of a tubular linear electromagnetic vibration energy harvester. IEEE/ASME Transactions On Mechatronics, 19(2), 615-622.

Taraborrelli, L., Favaron, V., & Doria, A. (2017). The effect of swingarm stiffness on motorcycle stability: experimental measurements and numerical simulations. International Journal of Vehicle Systems Modelling and Testing, 12(3-4), 240-261.

Wibowo, P. R., & Guntur, H. L. (2021). Pemodelan dan Analisis Karakteristik Dinamis Regenerative Swing Arm pada Scooter. Jurnal Teknik ITS, 10(2), E188-E194.

Downloads

Published

2024-08-31

Issue

Section

Articles