Analisa Hubungan Keausan Dengan Tegangan Dan Regangan Brake Pad Sepeda Akibat Gaya Gesek

Analysis Correlation Of Wear Rate To Stress And Strain On The Bicycle Brake Pad Caused Frictional Force

Authors

  • Dewa Gede Oka Sastrawan Universitas Udayana, indonesia
  • I Made Gatot Karohika Universitas Udayana, indonesia
  • I Made Widiyarta Universitas Udayana, indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptm.v12i2.84213

Keywords:

kampas rem; gaya gesek; tegangan geser; regangan geser; keausan

Abstract

Keausan pada kampas rem (brake pad) sangat penting untuk dianalisis karena berkaitan dengan keselamatan pengendara dan pengguna jalan lainnya. Keausan pada kampas rem mengurangi kontak yang terjadi pada piringan cakram (disc brake) yang dapat mengakibatkan kegagalan pengereman. Penelitian ini membahas tegangan dan regangan geser maximum terhadap keausan yang terjadi pada brake pad sepeda yang diakibatkan oleh gaya gesek. Penelitian ini dilakukan secara ekperimen dan simulasi dengan menggunakan software ANSYS. Penelitian yang dilakukan secara ekperimen bertujuan untuk mendapatkan hasil berupa keausan massa, dikarenakan fenomena regangan dan tegangan geser tidak dapat divisualisasikan secara eksperimen, maka perlu dilakukan proses simulasi dengan menggunakan software ANSYS. Penelitian ini menggunakan variasi yang sama pada dua jenis penelitian yang dilakukan berupa gaya normal yang diterapkan terhadap brake pad sebesar 19,61, 22,55, 25,51, 27,45 dan 29,41 Newton dan variasi rotational velocity sebesar 500, 1000 dan 1500 Rpm. Hubungan dari tegangan dan regangan geser dengan keausan didapatkan dengan menggunakan polynomial trendline. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan semakin naiknya nilai tegangan dan regangan geser mengakibatkan bertambahnya nilai keausan yang terjadi pada kampas rem.

References

Ahmad, T., Darmanto, D., & Imam, S. (2018). Analisis Keausan Kampas Rem Pada Disc Brake Dengan Variasi Kecepatan. Jurnal Ilmiah Momentum, 14(1), 78–83. https://doi.org/10.36499/jim.v14i1.2182

Amir, Ade Suhara, Fathan Mubina Dewadi, Sukarman, & Ridho Febrian. (2023). Analisa Pengaruh Pelumas Terhadap Gesekan Menggunakan Metode Tinken Load. Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian (KNPP) Ke-3, 14–24.

Fridayanti, V. D., & Prasetyanto, D. (2019). Model Hubungan antara Angka Korban Kecelakaan Lalu Lintas dan Faktor Penyebab Kecelakaan pada Jalan Tol Purbaleunyi. (Hal. 124-132). RekaRacana: Jurnal Teknil Sipil, 5(2), 124. https://doi.org/10.26760/rekaracana.v5i2.123

Lawby, E., & Rahardjo, J. (2020). Trendline with Seasonal Adjustment Forecast for CF150 in Sport Mid Segment Product. Jurnal Titra, 8(2), 313–320.

Naga, M. H. B., Firas, M. R., & Assidiq, F. M. (2023). Review Analisis Penguatan Struktural Pelabuhan Dan Interaksi Shiphull Menurut Fluid Drag Forces (Menggunakan Metode CFD) Selama Masa Pakai Pelabuhan Yang Diharapkan. Zona Laut : Jurnal Inovasi Sains Dan Teknologi Kelautan, 4(1), 34–44. https://doi.org/10.62012/zl.v4i1.24306

Putra, I. E., & Agusti, J. (2020). Analisa Pengaruh Beban Pengereman dan Variasi Merk Kampas Rem Terhadap Keausan Kampas Rem. RangTeknik Journal, 3(1), 60–67.

Setiyawan, T., Kristiawan, T. A., & Annas, T. Y. (2023). Analisis Kekuatan Struktur Rangka Brake Lining Rivet Machine Untuk Pemasangan Kampas Rem Dengan Sistem Hidrolik. Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 130–139. http://ftuncen.com/index.php/SAINTEK/article/view/143%0Ahttps://ftuncen.com/index.php/SAINTEK/article/download/143/143

Shigley, Herlambang, T., Djatmiko, E. B., & Nurhadi, H. (2015). Mechanical Engineering Mechanical Engineering Mechanical Mechanical Engineering Engineering. International Review of Mechanical Engineering (IREME), 9(6), 553–560.

Sjarip, A. L. A., & Suhadi, A. (2019). Analisis Desain Disc Brake Rotor Pada Kendaraan Roda Empat. Teknobiz, 9(3), 36–45.

Soejatmiasih, R. A. N. N., Wicaksono, H., Wicaksono, S. D., & Djoenaidi, R. (2022). Analisis Struktur Pada Disc Brake Dengan Variasi Material Dan Jumlah Lubang Ventilasi Terhadap Temperatur Dan Tegangan Ekuivalen. Otopro, 18(1), 33–43. https://doi.org/10.26740/otopro.v18n1.p33-43

Sofyan, A., Glusevic, J., Zulfikar, A. J., & Umroh, B. (2019). Analisis Kekuatan Struktur Rangka Mesin Pengering Bawang Menggunakan Perangkat Lunak Ansys Apdl 15.0. Journal of Mechanical Engineering Manufactures Materials and Energy, 3(1), 20. https://doi.org/10.31289/jmemme.v3i1.2417

Taufiqurrahman, M., Raharjo, A., Faizdaffa Hakim, A., Prasetyo, D., & Jaya Saputra, T. (2023). Analisis Mekanik Dan Termal Piston Mesin Pembakaran Dalam Menggunakan Software Ansys 2023. Jtmei), 2(3), 143–154. https://doi.org/10.55606/jtmei.v2i3

Tuakia, F. (2008). Dasar-dasar CFD Menggunakan FLUENT. INFORMATIKA.

Wardhana, D., Maryanti, B., & Ayu Kartika, S. (2022). Analisis Perbandingan Laju Keausan Kampas Rem Belakang Sepeda Motor Listrik Inovasi Karya Nusa (IKN). Rekayasa Mesin Dan Inovasi Teknologi, 3(1), 180–184.

Yudhanto, F., Dhewanto, S. A., & Yakti, S. W. (2019). Karakterisasi Bahan Kampas Rem Sepeda Motor Dari Komposit Serbuk Kayu Jati. Quantum Teknika : Jurnal Teknik Mesin Terapan, 1(1), 19–27. https://doi.org/10.18196/jqt.010104

Downloads

Published

2024-08-31

Issue

Section

Articles