PENGARUH E-LEARNING MOODLE BERORIENTASI PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus: Kelas X Desain Komunikasi Visual Pada Mata Pelajaran Sketsa Di SMK Negeri 1 Sukasada)

Authors

  • Widya Astiti
  • Ketut Agustini
  • Gede Saindra Santyadiputra

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan E-learning Moodle dan siswa yang belajar menggunakan media PowerPoint pada mata pelajaran Sketsa kelas X DKV di SMK Negeri 1 Sukasada (2) mengetahui respon siswa kelas X DKV di SMK Negeri 1 Sukasada setelah menggunakan Elearning Moodle. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode tes uraian untuk mengatur ranah kognitif kemudian dianalisis dengan meliputi uji normalitas, uji
homogenitas dan uji hipotesis dan metode kuisioner untuk melihat respon siswa. Data hasil belajar kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji- t. Hasil penelitian menunjukkan (1) bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan Elearning Moodle dan siswa yang belajar menggunakan media PowerPoint pada mata pelajaran Sketsa kelas X DKV di SMK Negeri 1 Sukasada. Hasil analisis uji-t memperoleh thitung sebesar 4.518704 dan ttabel sebesar 2.005746 untuk dk thitung > ttabel, ini berarti H0 ditolak. (2) respon siswa dari penerapan E-learning Moodle adalah sangat positif dilihat dari rata-rata skor hasil angket respon siswa yaitu 83,04%.

Kata kunci : E-learning Moodle ,Sketsa, respon siswa

Downloads

Published

2019-07-18

Issue

Section

Articles