PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN VIRUS BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18351Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengetahui respon siswa kelas X MIA (Matematika Ilmu Alam) dari hasil rancangan Aplikasi Augmented Reality Book Virus. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan untuk mengembangkan Aplikasi Augmented Reality Book Virus sebagai media pembelajaran. Aplikasi ini menggunakan library Vuforia yang mampu memainkan suara dan menampilkan objek 3D animasi dan objek 3D virus, diputar oleh user ke dalam sebuah lingkungan nyata dengan menggunakan bantuan buku dan smartphone berbasis Android. Hasil penelitian dan pengembangan menggunakan metode ADDIE menunjukkan bahwa aplikasi augmented reality book virus dalam kriteria sangat baik. Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis uji black box, uji white box, uji ahli isi, uji ahli media, dan uji lapangan. rata-rata respon siswa juga menyatakan aplikasi augmented reality book virus masuk dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan analisis dari 32 siswa diketahui 11 siswa menyatakan aplikasi augmented reality book virus masuk dalam kriteria sangat baik, 10 siswa menyatakan sangat baik, 19 siswa menyatakan baik dan 3 sisanya menyatakan cukup. Kesimpulan yang didapat yaitu sudah berhasil mengembangkan aplikasi augmented reality book sebagai media pembelajaran virus berbasis android dan sudah berhasil mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan aplikasi augmented reality book virus pada pelajaran virus.
Downloads
Published
Issue
Section
License
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.