Pengembangan Modul Ajar Storyboard Berbasis Projeck Based Learning untuk Siswa Kelas XI Multimedia di SMK TI Bali Global Singaraja

Komang Dewi Lestari, Ketut Agustini, Nyoman Sugihartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  (1) mengimplementasikan modul Storyboard berbasis project based learning untuk siswa kelas XI multimedia di SMK TI Bali Global Singaraja. (2) mengetahui respon siswa terhadap pengembangan modul Storyboard berbasis project based learning untuk siswa kelas XI multimedia di SMK TI Bali Global Singaraja.. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan model pengembangan Instruksional. Adapun tahapan pada model pengembangan Instruksional diantaranya : tahap mengidentifikasi ( Mengidentifikasi kebutuhan instruksional dan menulis tujuan instruksional umum, Melakukan analisis instruksional, Mengidentifikas perilaku dan karakteristik siswa), tahap mengembangkan (Menulis tujuan instruksional khusus, Menulis tes acuan patokan, Menyusun strategi instruksional, Mengembangkan bahan instruksional), dan tahap mengevaluasi dan merevisi (Mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif yang termasuk di dalamnya kegiatan merevisi). Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja. Data tentang sumber belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode wawancara. Validasi modul ajar storyboard untuk multimedia diperoleh dengan menggunakan angket penilaian.

Adapun analisis data yang dihasilkan untuk uji ahli isi mendapatkan hasil presentase 81,6%, ahli desain mendapatkan hasil presentase 80%, ahli media mendapatkan hasil presentase 95% sehingga modul berada pada kualifikasi baik dari keseluruhan uji ahli.

 

Kata Kunci: Instruksional, modul ajar, storyboard


This study aims to (1) implement the Storyboard module based on project based
learning for multimedia class XI students at SMK TI Bali Global
.The type of research
used in this study is Research and Development (Research and Development or R & D)
with the Instructional development model The stages in the Instructional development model
include stage of identification (identifying instructional needs and writing general instructional
goals, conducting instructional analysis, identifying behavior and characteristics of students),
developing stages (writing specific instructional objectives, writing benchmark reference tests,
compiling instructional strategies, developing instructional materials), and evaluating and revising
stages (Design and implement formative evaluations including revision activities) This study
involved students of XI Multimedia class at SMK TI Bali Global Singaraja. Data about student
learning resources are obtained using the interview method. Validation of the storyboard teaching
module for multimedia was obtained using an assessment questionnaire
               He analysis of the data produced for the content expert test gets a percentage of 81.6%,
 design experts get a percentage of 80%, media experts get a 95% percentage result so that the module
is well qualified from the overall expert test

 

Key words : Instruksional, teaching module, storyboard


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



KARMAPATI is published by:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22570
Homepage: http://www.undiksha.ac.id


Indexed by:

 

Creative Commons License

KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.