Pengembangan Video Pembelajaran PPKn Untuk Pengenalan Suku Dan Budaya Indonesia (Studi Kasus : Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Singaraja)

Authors

  • Hairi Ardiansyah
  • I Gede Partha Sindu
  • I Made Putrama

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18386

Abstract

Abstrak— siswa merasa kurang termotivasi untuk mempelajari pembelajaran PPKn pengenalan suku dan budaya indonesia. oleh sebab itu peneliti merasa sangat perlu untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran pengenalan suku budaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran pengenalan suku budaya indonesia berbasis video pembelajaran, Adapun tujuan dari pengembangan aplikasi ini adalah untuk membantu siswa dalam mempelajari keberagaman dan suku budaya indonesia. Pengembangan media pembelajaran pengenalan suku budaya ini menggunakan model ADDIE. Pengembangan produk dengan model ini dapat menghasilkan produk yang baik, karena pada setiap fase yang dilalui dapat dilakukan evaluasi.  Beberapa pengujian dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran pengenalan suku budaya indonesia yang di antaranya ialah uji ahli isi dengan hasil 100% sesuai, uji ahli media dengan representasi 100% sesuai, uji efektifitas dengan hasil 64,80% yang  berarti media ini cukup efektif, uji guru dengan hasil 46 dengan kategori sangat positif dan uji respon pengguna dengan hasil sebesar 89,07% yang menandakan media ini masuk kategori sangat positif.

 

 

Kata Kunci : pembelajaran PPKn, ADDIE, media pembelajaran

Abstract students feel less motivated to learn about PPKn learning about the introduction of Indonesian tribes and cultures. therefore researchers feel it is very necessary to develop a learning media that can help the process of learning ethnic cultural introduction. The purpose of this research is to develop a learning media for Indonesian culture of tribal recognition based on learning videos. The purpose of developing this application is to help students learn about diversity and ethnic Indonesian culture. The development of learning media for introducing ethnic culture uses the ADDIE model. Product development with this model can produce good products, because each phase can be evaluated. Some tests were carried out to determine the effectiveness of Indonesian culture of tribal recognition learning media, which included the content expert test with 100% appropriate results, expert media testing with 100% appropriate representation, effectiveness test with a result of 64.80% which means that the media is quite effective. test the teacher with the results of 46 with a very positive category and test the response of the user with a result of 89.07% which indicates that this media is in a very positive category.

 

Keywords: PPKn learning, ADDIE, learning media

Downloads

Published

2019-07-21

Issue

Section

Articles