PENGEMBANGAN APLIKASI PENYEMBUNYIAN PESAN (STEGANOGRAFI) PADA CITRA DIGITAL DENGAN TRANSFORMASI WAVELET HAAR

Authors

  • Putu Erik Pratama Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v1i1.19562

Abstract

Steganografi merupakan teknik dan seni bagaimana menyembunyikan data digital dibalik data digital lain sehingga keberadaannya tidak mengundang kecurigaan dari persepsi pengamatan manusia. Dengan memanfaatkan kekurangan dari mata manusia, maka dipilih citra digital sebagai carrier. Penerapan teknik steganografi pada citra digital dikatakan memiliki kinerja baik jika citra carrier tidak mengalami penurunan kualitas yang signifikan. Untuk menghasilkan citra steganografi dengan kualitas yang baik maka dikembangkanlah aplikasi penyembunyian pesan (steganografi) pada citra digital dengan transformasi wavelet haar.

Perangkat lunak ini hanya menangani proses embedding dan extraction. Proses embedding merupakan proses untuk menyisipkan pesan teks pada citra digital yang telah melalui proses tranformasi waveler haar 1 level. Untuk menambah tingkat keamanan, ditambahkan beberapa algoritma pengolahan terhadap password. Algoritma blum blum shub juga digunakan untuk menentukan posisi pesan pada citra digital secara acak. Proses extraction merupakan proses untuk memisahkan pesan teks dari citra steganografi. Agar didapatkan pesan teks yang telah disisipkan diperlukan password yang sama dengan password yang digunakan pada saat proses embedding. Untuk mengetahui kualitas citra steganografi, maka dilakukan perhitungan nilai PSNR dengan membandingkan antara citra asli dengan citra steganografi.
Perangkat lunak ini dibuat dengan bahasa pemrograman Borland Delphi 7.0.
Perangkat lunak ini juga diimplementasikan dan telah diujicobakan pada sistem operasi berbasis Windows.

Steganografi merupakan teknik dan seni bagaimana menyembunyikan data digitaldibalik data digital lain sehingga keberadaannya tidak mengundang kecurigaan daripersepsi pengamatan manusia. Dengan memanfaatkan kekurangan dari mata manusia,maka dipilih citra digital sebagai carrier. Penerapan teknik steganografi pada citra digitaldikatakan memiliki kinerja baik jika citra carrier tidak mengalami penurunan kualitas yangsignifikan. Untuk menghasilkan citra steganografi dengan kualitas yang baik makadikembangkanlah aplikasi penyembunyian pesan (steganografi) pada citra digital dengantransformasi wavelet haar.Perangkat lunak ini hanya menangani proses embedding dan extraction. Prosesembedding merupakan proses untuk menyisipkan pesan teks pada citra digital yang telahmelalui proses tranformasi waveler haar 1 level. Untuk menambah tingkat keamanan,ditambahkan beberapa algoritma pengolahan terhadap password. Algoritma blum blumshub juga digunakan untuk menentukan posisi pesan pada citra digital secara acak. Prosesextraction merupakan proses untuk memisahkan pesan teks dari citra steganografi. Agardidapatkan pesan teks yang telah disisipkan diperlukan password yang sama denganpassword yang digunakan pada saat proses embedding. Untuk mengetahui kualitas citrasteganografi, maka dilakukan perhitungan nilai PSNR dengan membandingkan antara citraasli dengan citra steganografi.Perangkat lunak ini dibuat dengan bahasa pemrograman Borland Delphi 7.0.Perangkat lunak ini juga diimplementasikan dan telah diujicobakan pada sistem operasiberbasis Windows.

Downloads

Published

2012-01-30

Issue

Section

Articles