EMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 1 SUKASADA TAHUN AJARAN 2012/2013

Authors

  • Ni Luh Gede Utari Ekayanti UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v2i2.19615

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi degan menerapkan pembelajaran kooperatif berbantuan media interaktif berbasis Team Assisted Individualization, dan mengetahui respon siswa terhadap penerapan media interaktif berbasis TAI dalam pembelajaran TIK. Media interaktif ini adalah pengembangan media WEB yang dilakukan oleh Ni Made Yunia Ardianti,S.Pd.. Media ini digunakan untuk membantu kegiatan pembelajaran dengan sub bagian yang telah disesuaikan dengan model pembelajaran TAI. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sukasada Singaraja, dimana melibatkan siswa kelas XI IPA 2 (24 siswa) tahun ajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data hasil belajar TIK siswa dikumpulkan melalui metode tes dan observasi serta data respon siswa dikumpulkan melalui lembar angket tertutup. Data yang diperoleh tersebut dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I untuk persentase ketuntasan klasikal siswa yaitu sebesar dan 75% dan Rata – rata kelas 75,07 dengan banyak siswa yang tuntas 18 orang dan belum tuntas 6 orang, dan pada siklus II sebesar dan 91,67% dan Rata – rata kelas 79,66 dengan siswa tuntas sebanyak 22 orang dan siswa belum tuntas sebanyak 2 orang. Hasil belajar ini mengalami peningkatan sebanyak 16,67%. (2) rata-rata respon siswa terhadap penggunaan media interaktif berbasis TAI dalam pembelajaran TIK adalah tergolong positif yaitu sebesar 38,71.

Downloads

Published

2013-02-28

Issue

Section

Articles