Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Hypertext dengan Berlandaskan Local Genius Tri Pramana Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v2i4.19668Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis hypertext dengan berlandaskan local genius tri pramana terhadap hasil belajar TIK siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Singaraja, (2) respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran berbasis hypertext dengan berlandaskan local genius tri pramana. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Pre-test Post-test Non-equivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif dan uji keterampilan untuk ranah Psikomotor. Data hasil belajar dianalisis melalui uji prasyarat dan uji hipotesis sedangkan untuk respon menggunakan metode angket. Berdasarkan analisis data diperoleh, kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis hypertext dengan berlandaskan local genius tri pramana. Nilai ratarata hasil belajar kelompok konvensional adalah 32,67 dengan standar deviasi 5,33 dan nilai rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 39,09 dengan standar deviasi 3,98. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok konvensional. Persentase respon siswa sebesar 31% merespon sangat positif, 59% merespon positif, dan 10% merespon cukup postif terhadap penerapan media pembelajaran berbasis hypertext dengan berlandaskan local genius tri pramana dengan ratarata 39,21.Downloads
Published
2013-06-02
Issue
Section
Articles
License
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.