Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X (Studi Kasus: SMA Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Ajaran 2012/2013)

Authors

  • I Gusti Ayu Dewi Hardiyanti UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
  • Dessy Seri Wahyuni UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
  • I Gede Mahendra Darmawiguna UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v2i4.19670

Abstract

Berdasarkan  hasil  observasi dan wawancara yang peneliti lakukan di SMA Laboratorium Undiksha Singaraja, diketahui bahwa permasalahan yang terjadi adalah kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran sehingga belum tercapai hasil belajar sesuai yang diharapkan. Oleh sebab itu, peneliti mengambil solusi menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada hasil belajar siswa dengan mengambil pokok bahasan Microsoft Office Word 2010, (2) respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan X6 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda  untuk mengukur ranah kognitif, uji keterampilan untuk mengukur ranah Psikomotor, lembar observasi untuk ranah Afektif dan untuk respon  menggunakan metode angket. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji normalitas dan homogenitas kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih tinggi daripada kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran
langsung dan siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR).

Downloads

Published

2013-06-02

Issue

Section

Articles