Pengaruh Penerapan Pendekatan Tuntas (Mastery Learning) Berbantuan CD Interaktif Panduan Microsoft Office 2010 Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi (TIK) Siswa Kelas XI (Studi Kasus : SMA Laboratorium Undiksha Singaraja) Tahun Ajaran 2012/2013

Authors

  • Kadek Feby Ariyanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Eka Damayanthi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Mahendra Darmawiguna Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v2i6.19688

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) berbantuan CD Interaktif panduan Microsoft Office 2010  terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas XI SMA Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Laboratorium Undiksha Singaraja tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes  berbentuk  pilihan ganda  untuk mengukur ranah kognitif.  Data hasil belajar kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas yang kemudian dilanjutkan dengan uji-T. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji normalitas dan homogenitas kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 25,74 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelompok kontrol adalah 22,80. Dari hasil perhitungan uji-T diperoleh t hitung sebesar 2,665 dengan jumlah  t tabel sebesar  2,001.  Hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar TIK antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan tuntas (mastery learning) berbantuan CD Interaktif panduan Microsoft Office 2010 dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung.

Downloads

Published

2013-08-31

Issue

Section

Articles