AUGMENTED REALITY BOOK PENGENALAN GEDUNG UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v3i5.19730Abstract
Teknologi yang digunakan oleh Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) dalam bentuk miniatur 3D yang hanya tersedia di gedung Rektorat perlu untuk dikembangkan. Untuk merealisasikannya, kebutuhan untuk membuat cara yang efektif untuk dapat menampilkan objek-objek tersebut sangatlah penting seiring dengan perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan memanfaatkan teknologi dengan mengembangkan aplikasi yang dapat mengabadikan bentuk-bentuk gedung UNDIKSHA dalam suatu media yang tidak membutuhkan ruang menyimpan yang besar, praktis, canggih, dan menarik. Salah satu teknologi yang sedang popular di kalangan masyarakat adalah teknologi augmented reality (AR) yang memadukan antara kondisi nyata dengan benda-benda maya menjadi satu kesatuan. Metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality Book pengenalan Gedung Universitas Pendidikan Ganesha adalah model SDLC sampai pada tahap pengujian sistem. Aplikasi ini menggunakan library vuforia yang mampu menampilkan objek 3 dimensi gedung UNDIKSHA ke dalam sebuah lingkungan nyata dengan menggunakan bantuan buku dan smartphone android. Hasil akhir dari penelitian ini berupa buku yang terdiri dari gambar dan informasi terkait gedung UNDIKSHA, gambar yang terdapat pada buku ini berfungsi sebagai marker untuk menampilkan objek gedung UNDIKSHA lengkap dengan suara narasi dalam bahasa inggris.
Downloads
Published
Issue
Section
License
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.