AUGMENTED REALITY BOOK PENGENALAN TATA LETAK BANGUNAN PURA BESAKIH

Authors

  • Kadek Dwi Suparyanta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Padma Nyoman Crisnapati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Gede Sunarya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Windu Antara Kesiman Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v2i7.19765

Abstract

Pura Besakih merupakan Pura
Terbesar yang ada di Bali. Keberadaan Pura
Besakih yang terletak di lereng Gunung Agung,
sangat beresiko terkena bencana dan
membahayakan Pura Besakih itu peneliti. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk memanfaatkan
teknologi dengan cara mengembangkan aplikasi
yang dapat digunakan sebagai media untuk
mempelajari sekaligus melestarikan Pura Besakih.
Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian dan pengembangan, untuk
mengembangkan aplikasi Augmented Reality Book
pengenalan tata letak Pura Besakih, dengan
menggunakan model waterfall sampai pada tahap
pengujian sistem. Aplikasi ini menggunakan
library vuforia yang mampu menampilkan objek 3
dimensi bangunan pura ke dalam sebuah
lingkungan nyata dengan menggunakan bantuan
buku dan smartphone android.
Hasil akhirnya berupa buku yang
berisikan informasi dan gambar terkait Pura
Besakih (khusus Pura Penataran Agung) yang
difungsikan sebagai penanda dan juga aplikasi
Augmented Reality Book berbasis android yang
mampu menampilkan objek bangunan Pura
Penataran Agung dalam bentuk 3 dimensi tepat di
atas marker lengkap dengan suara narasi
penjelasan. Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai
media untuk memperkenalkan sekaligus
melestarikan budaya bangsa.

Downloads

Published

2013-09-30

Issue

Section

Articles