Survey Standar Kemampuan TIK Tingkat SMP
Abstract
Diberlakukannya kurikulum 2013 dengan menghapus mata pelajaran TIK berdampak pada kemampuan TIK siswa sehingga dilakukan penelitian survey untuk mengukur standar kemamuan TIK tingkat SMP se-Bali. Penelitian ini menggunakan Capability Maturity Model (CMM) secara umum dan menggunakan kompetensi dasar secara khusus. Penelitian ini merupakan penelitian survey yang menggunakan metode deskriptif. Data penelitian dihimpun menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan metode analisis deskripif untuk masing-masing kemampuan TIK siswa tingkat SMP. Interpretasi terhadap data dilakukan berdasarkan besaran presentase jawaban responden. Berdasarkan hasil pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa faktor memahami penggunaan TIK, faktor mengenal operasi dasar peralatan komputer, faktor menggunakan perangkat lunak pengolah angka, faktor nilai raport, faktor komunikasi, faktor pemanfaatan, dan faktor kebijakan masih dibawah 75% sedangkan mempraktikkan keterampilan dasar komputer, faktor menggunakan perangkat lunak pengolah kata, dan faktor tujuan sudah mencapai diatas 75%. Diharapkan pemerintah dapat memberikan kebijakan agar siswa SMP mendapatkan pelajaran TIK lebih dalam baik melalui pelajaran di kelas maupun pelajaran di luar kelas.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v3i5.19793
Article Metrics
Abstract view : 140 timesPDF file view : 95 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
KARMAPATI is published by:
PRODI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK DAN KEJURUAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22570
Homepage: http://www.undiksha.ac.id

KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.