SURVEI FAKTOR DAN DAMPAK DARI TINGKAT KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP BELANJA ONLINE (ONLINE SHOPPING) DI KALANGAN PELAJAR DAN MAHASISWA SE-KOTA SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v3i5.19798Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis secara deskriptif faktor yang mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap belanja online di kalangan pelajar dan mahasiswa se-Kota Singaraja; (2) menganalisis secara deskriptif dampak dari kepercayaan konsumen terhadap belanja online di kalangan pelajar dan mahasiswa se-Kota Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelajar dan mahasiswa se-Kota Singaraja dengan jumlah sampel 190 pelajar dan 205 mahasiswa. Penarikan sampel untuk penelitian ini berdasarkan Teknik Sampling Purposive. Data penelitian dihimpun menggunakan kuisioner dan dianalisis dengan metode analisis deskripif. Interpretasi terhadap data dilakukan berdasarkan besaran presentase jawaban responden. Berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar pelajar dan mahasiswa memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap belanja online dengan persentase sebesar 63.86% dan 68.64%. Persentase pelajar dan mahasiswa yang mengatakan belanja online bermanfaat sebesar 58.8% dan 55.09%, mengatakan belanja online mudah dilakukan sebesar 60.53% dan 62.2%, mengatakan belanja online aman sebesar 63.76% dan 68.22% dan mengatakan toko online memiliki reputasi yang baik sebesar 60.32% dan 63.8%. Pelajar dan mahasiswa memiliki niat beli dengan persentase sebesar 54.26% dan 54.01%, memiliki loyalitas dengan persentase sebesar 48.21% dan 46.83% dan memiliki konsumerisme dengan persentase sebesar 38.77% dan 42.76%Downloads
Published
2014-10-31
Issue
Section
Articles
License
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.